Cara Bermain Gitar Bersama Band Untuk Pemula

Cara Bermain Gitar Bersama Band Untuk Pemula - Bermain gitar pemula bersama band memanglah berbeda saat kita bermain sendiri. Hal itu karena kita dituntut untuk menyelaraskan tempo dengan seorang drummer. Terlebih bila posisi Sahabat Master sebagai gitaris lead, itu akan jadi sangat berbeda karena Sahabat Master harus memainkan melodi sesuai dengan tempo yang tepat. Bila Sahabat Master masih seorang pemula yang baru belajar bermain gitar, maka Sahabat Master bisa mempelajari kunci atau chord gitar dasar dalam artikel sebelumnya Cara Bermain Gitar Metode Menghafal Semua Chord Dengan Cepat.

Cara Bermain Gitar Bersama Band Untuk Pemula

Cara Bermain Gitar Untuk Pemula :


Ketahui Genre Sahabat Master


Cara bermain gitar di sebuah band untuk pemula yang pertama adalah ketika Sahabat Master akan bergabung dalam sebuah band ataupun akan membentuk sebuah band, maka sebelumnya pastikan dulu apa genre Sahabat Master. Itu bisa Sahabat Master lakukan dengan sering-seringlah mendengarkan lagu dari berbagai genre. Setelah itu Sahabat Master tentukan genre mana yang lebih cocok dengan cara bermain gitar Sahabat Master, dan juga cocok dengan diri Sahabat Master sendiri. Menentukan genre adalah hal yang penting karena jika Sahabat Master tidak memilih genre yang tepat, kemungkinan besar Sahabat Master menjadi lebih malas ketika berlatih.

Sering Berlatih Dengan Band


Bermain gitar dengan band


Berlatih adalah hal yang sangat bermanfaat baik bagi Sahabat Master sendiri maupun untuk band Sahabat Master. Dengan rutin berlatih misalnya seminggu sekali, maka akan timbul kekompakan dari antar personil band Sahabat Master. Setelah semua personil kompak, maka jika akan mengaransemen sebuah lagu itu akan lebih mudah karena setiap personil sudah mengetahui karakter masing-masing personilnya. Untuk berlatih band, tidak harus selalu di studio musik, namun bisa seperti berkumpul dan bernyanyi bersama. Ini juga dapat melatih permainan gitar jika Sahabat Master masih belajar cara bermain gitar untuk pemula.

Pelajari Berbagai Macam Teknik Bermain Gitar


Setelah Sahabat Master bisa bermain gitar, untuk bermain dalam sebuah band maka Sahabat Master perlu meningkatkan kemampuan dalam bermain gitar. Sahabat Master bisa mempelajari banyak teknik belajar gitar seperti fingerpicking, strumming pola tertentu, dan juga teknik bermain melodi yang juga sudah Mister bahas pada artikel Belajar Melodi Gitar 5 Teknik Dasar yang Wajib Bisa. Jika Sahabat Master masih pemula dan dalam tahap belajar cara bermain gitar, untuk belajar melodi memang membutuhkan waktu dan lebih sulit. Oleh karena itu, Sahabat Master bisa bermain sebagai rhythm di band Sahabat Master terlebih dahulu.

Imrpove Permainan Sahabat Master


 Imrpove Permainan Sahabat Master


Jika Sahabat Master sudah menguasai cara bermain gitar dengan baik dan tentunya menguasai banyak teknik bermain gitar, maka untuk menambah variasi dan juga membuat band Sahabat Master terlihat lebih menarik. Sahabat Master bisa melakukan improvisasi pada setiap permainan Sahabat Master misalnya ketika solo atau melodi gitar, Sahabat Master bisa melakukan improvisasi namun tentunya dengan memperhatikan scale dan nada dasarnya, untuk tekniknya juga sudah Mister bahas pada Cara Bermain Melodi Gitar Dengan Belajar Scale.

Jangan Egois Dalam Segala Hal


jangan egois bermain gitar bersama band


Cara bermain gitar untuk pemula dalam sebuah band yang selanjutnya adalah mengurangi atau bahkan menghilangkan keegoisan diri Sahabat Master. Misalnya egois dalam segi sound, selalu pastikan bahwa sound gitar Sahabat Master dalam volume yang setara dengan instrument lain, jangan sampai sound gitar Sahabat Master menutupi instrument lainnya, itu akan sangat mengganggu personil yang lain. Kemudian ketika Sahabat Master menggarap sebuah lagu dengan semua personil, dengarkan semua pendapat yang masuk dan yang jelas hilangkan keegoisan Sahabat Master. Dalam sebuah band terdiri dari banyak personil dan bukan hanya Sahabat Master, sehingga personil lain juga mempunyai hak.

Penjelasan diatas merupakan poin - poin bila Sahabat Master ingin bermain gitar untuk sebuah band. Dengan memperhatikan hal hal diatas, maka band yang Sahabat Master rintis tersebut akan jadi lebih baik dan Sahabat Master juga mudah beradaptasi dengan band tersebut. Itulah, Cara Bermain Gitar Bersama Band Untuk Pemula. Selamat Berlatih!