Belajar Kunci Gantung Gitar Hafal dalam 3 Hari Part 4

Belajar Kunci Gantung Gitar Hafal dalam 3 Hari Part 4 - Bermain kunci gantung gitar itu ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan. Dengan cara ini, dan bila Sahabat Master bisa melakukannya secara maksimal, maka menguasai kunci gantung gitar dalam 3 hari bukanlah hal yang mustahil. Pemula memang sering mencari cara bermain kunci gitar gantung. Kunci gantung memang agak sulit untuk dikuasai secara sempurna karena untuk membunyikan kunci ini dibutuhkan jari yang lentur dalam menekan senar sehingga bunyi yang dihasilkan tidak fals. Nah, trik yang Mister bagikan kali ini merupakan part ke 4 dari Kumpulan Cara Bermain Gitar Lengkap.

Belajar Kunci Gantung Gitar Hafal dalam 3 Hari Part 4

Beda kunci gantung dengan kunci dasar yaitu pada nada yang dihasilkan. Kunci gantung gitar menghasilkan nada yang lebih ngebass atau warm sedangkan kunci dasar, suara nadanya lebih bright. Kunci ini juga sangat cocok jika digunakan pada efek distorsi gitar elektrik. Jika Sahabat Master sudah hafal dan lancar, maka permainan gitar Sahabat Master akan menjadi lebih bervariasi, selain itu kunci gantung ini juga dapat memudahkan kita dalam berganti chord. Sebelum kunci gantung sebaiknya Sahabat Master sudah menguasai kunci dasar, jika Sahabat Master belum lancar maka dapat Sahabat Master baca triknya di Belajar Menguasai Kunci Gitar Dengan Tips Ampuh

Kunci Gitar Gantung




Untuk cara bermain gitar menggunakan kunci gantung, perhatikan gambar di atas. Untuk pertama, Sahabat Master harus menghafal letak atau posisi nada pada senar nomor 5 dan 6 saja. Ya hanya itu saja yang perlu Sahabat Master hafal. Hal itu karena, kedua senar itu menjadi patokan Sahabat Master ketika memainkan kunci gantung gitar. Fokuskan sehari untuk menghafal letak nada tersebut bahkan tidak sampai sehari pun Sahabat Master sudah hafal, jika sudah maka Sahabat Master bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

Setelah Sahabat Master hafal semua, maka selanjutnya adalah pembentukan kuncinya menggunakan jari Sahabat Master. Inti dari kunci gantung yaitu ujung jari telunjuk Sahabat Master adalah menjadi patokan kunci yang Sahabat Master mainkan, lihat gambar berikut. Mungkin Sahabat Master juga mau membaca : Cara cepat belajar gitar khusus pemula

Cara Mudah Bermain Gitar


Senar ke 6 Sebagai Patokannya




Itu adalah gambar untuk bentuk kunci G. Jari telunjuk menekan seluruh senar, jari tengah pada senar nomor 3, jari manis pada senar 5 dan jari kelingking pada senar 4. Coba Sahabat Master ingat, kunci G adalah ada di senar nomor 6 (saat ini Mister tidak menggunakan senar nomor 5 sebagai patokan). Perhatikan ujung jari telunjuk pada gambar, ujungnya yaitu menekan senar nomor 6 pada fret ke 3, itu adalah nada G seperti yang Sahabat Master hafalkan sebelumnya. Nah untuk nada A lihat gambar di bawah ini.



Sahabat Master hanya perlu menurunkan bentuk jari Sahabat Master sama persis seperti kunci gantung G hanya saja dipindahkan sampai ujung jari telunjuk menekan senar nomor 6 fret ke 5 (nada A). Begitu terus untuk senar nomor 6. Nah untuk kunci minor, perhatikan gambar di bawah ini.



Itu adalah kunci Am, bedanya dengan kunci A tadi yaitu jari tengah yang tadinya digunakan untuk menekan senar nomor 3, pada nada minor ini dilepas sehingga senar nomor 3 ditekan bersamaan menggunakan jari telunjuk yang posisinya memagar. Dan begitu terus untuk semua kunci minor pada senar nomor 6.
Pola bentuk semua kunci mayor dan minor untuk senar nomor 6 sebagai patokan (nada dasar) :

Senar ke 5 Sebagai Patokan




Gambar di atas adalah bentuk kunci gantung D. Jari telunjuk menekan seluruh senar, jari tengah untuk menutup senar 6 supaya tidak berbunyi, jari manis pada senar 4 dan kelingking pada senar 3. Sebenarnya kunci ini sedikit Mister modifikasi supaya cocok dan mudah dilakukan pemula. Pada kunci aslinya seharusnya senar 2, 3 dan 4 ditekan menggunakan 3 jari. Namun mungkin itu akan susah dilakukan pemula dan juga terkadang senar nomor 6 akan ikut berbunyi sehingga menyebabkan fals. Oleh karena itu Mister ubah jari tengah untuk menutup senar nomor 6 saja sehingga tidak akan berbunyi dan cukup mudah untuk dilakukan pemula.

Perhatikan gambarnya, ujung jari telunjuk adalah menekan senar nomor 5 fret ke 5. Coba Sahabat Master ingat lagi, senar nomor 5 fret ke 5 adalah diisi nada D. Nah, sama seperti pada senar nomor 6 tadi, yang menjadi patokan adalah ujung jari telunjuk. Untuk berganti kunci pada patokan senar nomor 5 caranya sama seperti tadi. Sahabat Master hanya perlu mengubah lokasi ujung jari telunjuk, namun bentuknya tetap. Sedangkan untuk kunci minornya lihat gambar berikut.



Di atas adalah kunci Dm, ada perbedaan kan dengan kunci D. Ya benar, jari tengah digunakan untuk menekan senar nomor 2.
Pola bentuk semua chord mayor dan minor untuk senar nomor 5 sebagai patokan :

Untuk mempercepat proses belajar kunci gantung, Sahabat Master juga dapat membaca trik yang sudah  Mister bagikan sebelumnya yaitu Metode Cepat Belajar Gitar Akustik.

Kuncinya adalah latihan rutin semakin sering Sahabat Master berlatih maka akan semakin cepat Sahabat Master menguasai kunci gitar gantung, dengan mengetahui dan menguasai berbagai cara bermain gitar maka permainan gitar Sahabat Master akan lebih bervariasi dan tidak membosankan, sampai jumpa di tutorial selanjutnya. Sekian dulu Belajar Kunci Gantung Gitar Hafal dalam 3 Hari Part 4. Selamat Berlatih!