Belajar Gitar Akustik Dengan Metode Mudah dan Praktis Part 9

Belajar Gitar Akustik Dengan Metode Mudah dan Praktis Part 9 - Bila menggunakan metode yang tepat maka belajar gitar akustik bukanlah hal yang sulit. Bahkan bila Sahabat Master melakukannya dengan serius dan rutin maka Sahabat Master akan cepat mahir bermain gitar. Sahabat Master tidak lagi perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk mengikuti les privat bermain gitar jadi uangnya bisa di tabung dan digunakan untuk membeli gitar yang lebih bagus. Artikel ini merupakan bagian ke 9 dari Kumpulan Cara Bermain Gitar Lengkap

Belajar Gitar Akustik Dengan Metode Mudah dan Praktis

Memang sangat tepat jika Sahabat Master memilih untuk belajar gitar akustik daripada menggunakan gitar elektrik, hal itu dikarenakan gitar akustik memiliki senar yang lebih kuat daripada gitar elektrik sehingga Sahabat Master memerlukan tenaga saat menekannya. Jika Sahabat Master sudah terbiasa menekan menggunakan tenaga, maka ketika Sahabat Master menggunakan gitar elektrik akan menjadi mudah. Namun jika Sahabat Master belajar gitar elektrik juga tidak ada salahnya, namun ketika Sahabat Master menemui gitar akustik yang senarnya keras maka Sahabat Master akan kesulitan.

Cara Bermain Gitar


Dalam belajar gitar akustik ada dua teknik yaitu menggenjreng dan memetik. Mister akan membahas kedua teknik tersebut dan akan Mister berikan metodenya. Jika sudah menguasai kedua teknik cara bermain gitar tersebut maka Sahabat Master sudah bisa melakukan strumming dengan baik sehingga Sahabat Master hanya perlu menyempurnakan chord saja. Langsung saja teknik yang pertama yaitu teknik menggenjreng. Teknik ini juga sudah Mister bahas pada artikel sebelumnya yang dapat Sahabat Master baca Cara Cepat Belajar Gitar Untuk Pemula. Sehingga kali ini akan Mister bahas tentang pembentukkan chordnya beserta trik cepat untuk berpindah chord.

belajar gitar akustik mudah

Dalam membentuk chord sebaiknya Sahabat Master rasakan supaya jari Sahabat Master senyaman mungkin berada pada fretboard sehingga tangan tidak tersiksa atau kesakitan. Untuk yang pemula belajar gitar memang sedikit susah, namun jika sudah terbiasa maka akan menjadi mudah dan bagi pemula Sahabat Master juga harus lebih sering melihat jari Sahabat Master pada fretboard untuk mengecek sudah betul atau belum chord yang Sahabat Master bentuk. Namun jika Sahabat Master sudah hafal, maka tidak perlu melihat pun akan lancar.

posisi tangan kunci g gitar


Trik perpindahan chord tanpa merusak suara gitar. Metode ini sangat berperan penting untuk membuat permainan gitar Sahabat Master menjadi lebih bersih dari nada nada fals. Tentunya ini hanya trik untuk pemula yang masih susah untuk berpindah chord. Caranya yaitu ketika Sahabat Master memainkan chord G dan ingin berpindah ke chord E, biasanya untuk pemula mereka masih mengangkat jari terlalu lama sehingga suara pun akan ikut berhenti karena strummingnya mungkin juga berhenti, walaupun tidak berhenti pasti akan menimbulkan suara fals. Oleh karena itu triknya yaitu ketika jari di angkat Sahabat Master dapat menggenjreng pada senar terbuka yang masih berada pada chord tersebut. Untuk mudahnya dapat dilihat contoh berikut.

Gambar di atas adalah kunci G, ketika Sahabat Master ingin berpindah ke kunci E. Saat jari di angkat Sahabat Master dapat menggenjreng senar terbuka yang masih berada pada nada G. Yang dimaksud senar terbuka adalah senar yang pada saat Sahabat Master membentuk chord tidak ikut di tekan atau dilepaskan saja. Nah pada kunci G, senar terbuka yang masih berada pada nada G yaitu senar 2, 3, dan 4. Sahabat Master dapat melihat pada gambar di atas terdapat Sahabat Master O berarti senar tersebut masuk nadanya. Untuk gambar kunci lainnya dapat Sahabat Master lihat pada artikel ini Gambar Kunci Gitar Dasar yang Wajib Dikuasai Pemula

Ketika Sahabat Master menggenjreng senar terbuka tersebut maka Sahabat Master sudah bisa menyiapkan jari Sahabat Master untuk berganti ke kunci D, dan jika ingin berganti lagi maka Sahabat Master dapat menggunakan cara yang sama sehingga pergantian chord menjadi lebih cepat serta halus. Mister juga memiliki trik ajaib untuk belajar gitar akustik dengan cepat di sini Belajar Kunci Dasar Gitar Mudah

Belajar Bermain Gitar Akustik


Bagi Sahabat Master yang mau belajar teknik memetik gitar silahkan buka : Belajar Cara Memetik Gitar Akustik Untuk Pemula, kunjungi selalu blog ini bila Sahabat Master ingin mendapatkan tips-tips bermain gitar. Sekian dulu artikel Belajar Gitar Akustik Dengan Metode Mudah dan Praktis. Selamat Berlatih!