Tips Cara Cepat Belajar Kunci Dasar Gitar

Tips Cara Cepat Belajar Kunci Dasar Gitar - Mempelajari kunci kunci gitar dasar untuk mempermudah dan mempercepat belajar kunci gitar dasar merupakan hal wajib bagi yang ingin belajar bermain gitar. Mungkin pernah ter bersit di pikiran Sahabat Master untuk apa mempelajari pelajaran dasar bermain gitar karena hal-hal seperti itu sangatlah membosankan untuk pemula, bukankah belajar teknik teknik lain yang lebih sulit dan rumit merupakan hal yang lebih penting. Penyebabnya adalah karena kunci-kunci dasar dalam teknik bermain gitar merupakan nyawa dari teknik permainan gitar yang lebih mahir, jadi apabila Sahabat Master menguasai dasar-dasar cara belajar kunci gitar, maka untuk Sahabat Master belajar ke tahap yang lebih mahir lagi akan menjadi lebih mudah. Belum lagi bahwa chord dasar gitar juga digunakan oleh kebanyakan lagu yang populer saat ini. Sahabat Master juga perlu membaca artikel sebelumnya tentang Macam Macam Chord Gitar.

Tips Cara Cepat Belajar Kunci Dasar Gitar

Belajar Kunci Kunci Dasar Gitar


Mungkin Sahabat Master sering melihat bahwa gitar rhythm  lebih didasarkan pada permainan kunci kunci dasar gitar. Permainan solo gitar membutuhkan sebuah iringan atau rhythm dari chord dasar untuk membuat solo gitar tersebut menjadi lebih hidup. Sahabat Master juga dapat memainkan ribuan lagu dengan menguasai cara belajar kunci gitar hanya 10 sampai 15 kunci dasar gitar.

Sebelum Sahabat Master memulai cara belajar kunci gitar, Sahabat Master harus mengetahui apa itu kunci kunci dasar gitar. Pada umumnya chord gitar adalah satu set dari tiga atau lebih not yang dimainkan pada waktu yang sama. Pada gitar, Sahabat Master harus menggunakan jari sekitar tiga atau lebih untuk menekan senar  pada suatu fret dan waktu tertentu. Untuk membunyikannya dapat dengan cara dipetik satu persatu atau memetik secara bersamaan untuk menghasilkan suara. Sahabat Master dapat memainkan maksimal 6 not karena hanya ada 6 senar pada gitar.

Suatu perputaran kunci kunci dasar gitar yang dimainkan atau progresi chord itu tergantung dari struktur kunci itu sendiri. Dalam hal ini bisa berarti chord mayor, chord minor atau chord 7. Kunci mayor dapat diketahui dengan ciri suara yang stabil dan lengkap. Kunci minor dapat memberikan suasana hati yang muram . Sedangkan chord 7 menambahkan suasana khas musik jazz bahkan juga dapat terdengar sedikit tidak lengkap. Dengan mengetahui ciri dan karakter suara yang dihasilkan oleh masing masing kunci maka dalam proses cara belajar kunci gitar akan menjadi lebih mudah.

Daftar Sahabat Master untuk kunci kunci dasar gitar tergantung pada pemain gitar dan juga genre musik yang dia mainkan. Tapi ada sebanyak 18 kunci dasar yang harus Sahabat Master ketahui. Chord ini juga digunakan di hampir semua genre musik. Hal ini benar-benar akan membantu jika Sahabat Master sedang mempelajari cara belajar kunci gitar. Semua ini akan berfungsi sebagai dasar bagi teknik lainnya dan teknik yang akan Sahabat Master pelajari selanjutnya yang tentu lebih rumit.

Cara Cepat Menguasai Kunci Gitar Dasar


 Cara Cepat Menguasai Kunci Gitar Dasar


Kunci kunci dasar gitar yang harus Sahabat Master kuasai adalah yang paling umum digunakan dalam lagu yaitu  C, D, G dan A. Kunci kunci ini juga dapat Sahabat Master mainkan dengan senar terbuka atau open string. Kunci kunci terbuka ini setidaknya terdapat beberapa kunci minor yang dapat melengkapi permainan gitar Sahabat Master. Chord gitar tersebut lebih mudah untuk jari jari bagi yang sedang belajar cara bermain gitar dibandingkan kunci gantung. Kunci kunci gitar yang paling dasar yaitu mencakup A, Am, E, Em, D, Dm, F, C dan G.

Untuk membuatnya lebih mudah dalam Sahabat Master mempelajari kunci kunci dasar gitar tersebut, Sahabat Master bisa menggunakan 4 buah kunci sebagai gantinya yang masih berada dalam kelompoknya. Sahabat Master dapat menggabungkan kunci kunci dalam kelompok ini untuk menciptakan lagu atau musik yang Sahabat Master mainkan terdengar lebih hidup. Hal ini juga akan membuat Sahabat Master dalam mengingat kunci kunci dasar gitar sesuai dengan kelompoknya lebih mudah.

Berikut adalah daftar lengkap dari kelompok kunci kunci dasar gitar


Kelompok G: G, Am, C, D dan Em
Kelompok D: D, Em, G dan A
Kelompok C: C, D, Em, F dan G
Kelompok A: A, D dan E

Sahabat Master hanya perlu memilih salah satu dari kelompok kunci gitar dasar diatas, apakah G , D, C, atau A. Dengan Sahabat Master memainkan progresi atau perputaran chord yang berdasarkan pada satu kelompok (tidak keluar dari kunci yang ada pada kelompok tersebut) maka musik yang dihasilkan akan lebih harmonis. Jika belum menguasai chord tersebut silahkan pelajari lagi Belajar Kunci Gitar Dengan Trik Ajaib. Pastikan bahwa Sahabat Master memiliki waktu secara teratur untuk berlatih dan menghafal nya. Dalam waktu yang singkat untuk cara belajar kunci gitar ini maka Sahabat Master akan dapat memainkan sebuah kunci kunci dasar gitar tanpa melihat jari Sahabat Master dan Sahabat Master bisa mempelajari pola kunci lainnya yang lebih rumit. Sekian dulu Tips Cara Cepat Belajar Kunci Dasar Gitar. Selamat Berlatih!