Tips Mudah Cepat Menghafal Kunci Gitar dan Belajar Gitar

Tips Mudah Cepat Menghafal Kunci Gitar dan Belajar Gitar - Saat pertama kali mempelajari kunci gitar lengkap, setiap chord yang kita lihat sangatlah membingungkan. Untuk pertama kali memang agak sulit untuk menghafal chord-cord, terkadang mungkin Sahabat Master akan lupa dengan nama sebuah kunci gitar atau mungkin lupa dengan pola bentuk cord gitar tersebut. Tetapi ingat untuk bisa cepat belajar gitar, maka menghafal chord atau kunci gitar merupakan sebuah kewajiban, bila Sahabat Master merasa kesulitan saat menghafal kunci kunci gitar maka tips yang akan Mister bagikan kali ini mungkin akan mempermudah Sahabat Master semua. Oh iya, mungkin Sahabat Master juga ingin belajar cara membaca tab gitar lengkap.

Tips Mudah Cepat Menghafal Kunci Gitar dan Belajar Gitar

Tips Belajar Kunci Gitar Mudah dan Lengkap


Jangan langsung mempelajari semua kunci bersamaan


Daripada Sahabat Master belajar mengingat semua chord pada waktu tertentu, maka cara yang terbaik untuk belajar kunci gitar lengkap yaitu dengan belajar misalnya dua kunci, atau bahkan satu kunci saja untuk pemula. Chord yang paling penting adalah chord A, chord ini juga sangat sederhana bagi seorang pemula sekalipun. Setelah Sahabat Master menguasai chord A, mungkin mulai belajar chord C. Walaupun terlihat membingungkan saat awal belajar, tetapi kunci C juga tidak terlalu susah. Kedua chord ini sangat penting ketika Sahabat Master belajar cara bermain gitar. Dengan Sahabat Master belajar beberapa chord dalam satu waktu maka berarti hanya sedikit yang perlu Sahabat Master ingat dan hafal pada waktu tersebut. Ini lebih baik daripada Sahabat Master belajar dengan menghafal semua chord dalam waktu yang sama, itu akan sangat susah untuk pemula. Oleh karena itu dengan belajar beberapa chord saja terlebih dahulu secara bertahap akan lebih mudah untuk pemula belajar kunci gitar lengkap.

Belajar Praktek perpindahan antar chord


 Belajar Praktek perpindahan antar chord


Ketika Sahabat Master menghafal mana posisi jari jari Sahabat Master ketika memainkan chord A dan C, maka untuk mempercepat proses belajar Sahabat Master dapat mencoba berlatih untuk memainkan keduanya dan berpindah dari chord A ke C atau sebaliknya. Bagi pemula belajar kunci gitar lengkap ini tidak harus dilakukan dengan cepat namun harus dipraktekkan dengan perlahan saat Sahabat Master memulai. Secara bertahap, Sahabat Master akan dapat mempercepat perpindahan antara dua chord tersebut dan belajar bagaimana memainkan lagu. Trik untuk melakukannya yaitu hanya diperlukan fokus pada perasaan Sahabat Master tentang di mana posisi jari-jari tersebut dan hal itu juga akan membangun ingatan pada otot di tangan Sahabat Master sehingga menjadi terbiasa. Setelah kunci A dan C maka Sahabat Master bisa belajar kunci gitar lengkap yang lainnya jika sudah menguasai kedua kunci tersebut.

Temukan Seorang Guru


Seorang guru tidak hanya akan mengajarkan Sahabat Master posisi jari yang benar maupun tekniknya, mereka juga secara tidak langsung memotivasi Sahabat Master untuk mempraktekkan apa yang telah dipelajari. Mungkin yang ada dipikiran Sahabat Master guru itu adalah guru privat atau guru kursus bermain gitar yang akan menghabiskan banyak uang Sahabat Master, namun guru tidak selamanya adalah itu, Sahabat Master bisa mencari guru yang lain misalnya teman Sahabat Master yang bisa bermain gitar ataupun seperti yang Sahabat Master lakukan sekarang untuk belajar kunci gitar lengkap yaitu dengan membaca sebuah artikel di blog ini, hal tersbut juga dapat dikatakan sebagai guru.

Mencetak diagram chord gitar


Mencetak diagram chord gitar


Diagram chord gitar menunjukkan dengan tepat di mana untuk menempatkan jari-jari Sahabat Master dan jari apa saja yang digunakan dalam sebuah kunci gitar. Ini akan membantu Sahabat Master memahami bagaimana bentuk chord tersebut pada fretboard gitar. Sahabat Master bisa membaca artikel di sini Gambar Kunci Gitar Dasar yang Wajib Dikuasai Pemula ataupun Macam Macam Gambar Chord Gitar Lengkap Bagi Pemula dan kemudian mencetaknya menggunakan kertas. Setelah Sahabat Master mencetaknya, maka Sahabat Master bisa menempelkan atau menempatkan hasil print out gambar tersebut di tempat yang bisa Sahabat Master lihat setiap hari. Mungkin pada dinding kamar Sahabat Master, di lemari pakaian atau bahkan ditempel kan pada bodi gitar Sahabat Master. Dengan melihat chord tersebut setiap hari maka akan membantu Sahabat Master untuk menghafal dan belajar kunci gitar lengkap.

Belajar Memainkan Lagu Lagu Sederhana


Belajar lagu yang mencakup chord dasar akan membantu Sahabat Master untuk menghafal chord gitar dan belajar kunci gitar lengkap tersebut lebih cepat daripada hanya bermain sebuah chord berulang-ulang. Cobalah untuk belajar lagu yang sederhana tapi populer sehingga Sahabat Master dapat memainkannya kepada teman dan keluarga Sahabat Master, contoh lagu yang mudah yaitu lihat pada artikel Belajar Cara Memainkan Gitar Dengan Cepat. Lagu yang Mister bahas pada artikel tersebut cukup populer dan hanya memerlukan beberapa kunci gitar yang diulang-ulang sampai akhir lagi. Hal ini membuat Sahabat Master mudah untuk mengingat dan juga Sahabat Master bisa sambil bernyanyi. Dengan mengingat chord gitar apa saja yang ada pada sebuah  lagu itu akan membantu Sahabat Master untuk mengingat bagaimana bentuk chord tersebut dan bunyi yang dihasilkannya.

Tutorial cara menghafal kunci gitar diatas mungkin bisa membantu Sahabat Master dalam mempelajari kunci gitar dan menyimpannya dalam ingatan Sahabat Master. Demikianlah Tips Mudah Cepat Menghafal Kunci Gitar dan Belajar Gitar. Selamat berlatih!