Belajar Kunci Gitar Bass Dasar Khusus Pemula

Belajar Kunci Gitar Bass Dasar Khusus Pemula - Belajar kunci gitar bass dasar tidaklah sesulit saat Sahabat Master belajar cara bermain gitar, bila Sahabat Master sudah terbiasa bermain gitar maka memainkan kunci gitar bass bukanlah hal yang sulit. Dalam bermain gitar, Kita sering memainkan sebuah kunci yang merupakan perpaduan dari 3 nada atau lebih sehingga jari Sahabat Master menekan minimal 3 senar pada fret tertentu. tetapi dalam gitar bass kita akan lebih mudah dalam memainkan kunci atau chord.

Belajar Kunci Gitar Bass Dasar Khusus Pemula

Untuk yang  paling dasar kunci bass hanya memerlukan sebuah nada saja, jadi Sahabat Master hanya perlu menekan sebuah senar pada satu fret tertentu saja. Oleh karena itu pada artikel kali ini Mister akan membahas hal yang dasar yaitu mengenai not atau kunci bass. Sebelum belajar gitar bass, mungkin ada diantara Sahabat Master yang ingin belajar melodi gitar silahkan baca disini Belajar Melodi Gitar 5 Teknik Dasar.

Belajar Gitar Bass Dasar


Salah satu pelajaran pertama bagi yang ingin belajar kunci gitar bass adalah tentang bagaimana mempelajari not atau nada pada bass. Kunci sebuah lagu untuk bass itu sama dengan kunci gitar, oleh karena itu Sahabat Master bisa mencarinya dengan mungkin mengSahabat Masterlkan pendengaran , mencari kunci gitarnya di internet, atau dengan mengikuti seorang gitaris yang memainkan chordnya. Belajar kunci atau not pada bass ini sangat mudah, tidak seperti belajar chord gitar. Sahabat Master hanya perlu menghafal letaknya saja pada fretboard tanpa Sahabat Master harus menghafal bentuk atau polanya.

Kunci Bass Gitar

Nada Dasar


Pada sebuah fretboard bass, terdapat nada do re mi fa sol la si do yang selalu berulang dari fret paling atas sampai fret paling bawah tergantung dari nada rootnya. Setiap kelompok solmilasi tersebut dibedakan dalam sebuah oktaf. Mudahnya, oktaf adalah jarak antara dua not yang memiliki nada sama (misalnya A rendah dengan A tinggi berikutnya). Belajar kunci gitar bass ini juga tidak terlalu berbeda dengan belajar gitar melodi.

Sebagai contoh, Sahabat Master memainkan senar terbuka pada bass Sahabat Master, dan kemudian bermain not pada fret 12 senar yang sama tadi (pada umumnya ditSahabat Masteri dengan titik gSahabat Master pada fret). Nada pada fret 12 tersebut memiliki satu oktaf lebih tinggi daripada nada senar terbuka.

Setiap oktaf dibagi menjadi dua belas not. Tujuh dari not-not tersebut yang disebut not natural, diberi nama dengan huruf-huruf alfabet, A sampai G. ini sama halnya dengan dengan tombol putih yang terdapat pada piano. Sedangkan sisanya yaitu lima not lainnya, sama dengan tombol hitam pada piano, dan not tersebut diberi nama menggunakan tSahabat Master  “ # ” dinamakan kres yang menunjukkan satu not lebih tinggi, dan juga tSahabat Master “b” dinamakan bes yang menunjukkan satu not lebih rendah. Sebagai contoh, not di antara C dan D ( berjarak 2 not) disebut baik C# atau sama dengan  Db. Hal tersebut sangat umum dalam belajar gitar bass.

Namun perlu Sahabat Master tahu bahwa tidak semua not natural memiliki nada kres dan bes. Not B dan C natural tidak memiliki sebuah not di antara keduanya, kemudian juga E dan F. Hal itu karena not not tersebut hanya berjarak 1 not saja sehingga tidak not ditengahnya. Jika pada piano, ini adalah tombol putih yang bersampingan tanpa ada tombol hitam diantaranya. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada not bernama B#, Cb, E#, ataupun Fb.

Nama not pada Bass


 Nama not pada Bass

 Nama not pada Bass


Sekarang Sahabat Master sudah tahu nama-nama not, belajar kunci gitar bass selanjutnya adalah penempatan posisinya pada senar bass. Nada terendah atau senar paling atas dan tebal adalah senar E. Ketika Sahabat Master bermain tanpa menekan senar tersebut, maka Sahabat Master memainkan kunci E. Ketika Sahabat Master menekan di fret pertama, Sahabat Master memainkan F. Berikutnya adalah F#. Untuk penempatan dan posisi setiap kunci pada bass ini sama dengan posisi chord gantung gitar seperti yang sudah Mister bahas pada Cara Bermain Kunci Gantung Gitar Dalam 3 Hari . Supaya Sahabat Master lebih mudah dalam belajar gitar bass dan kuncinya, sebaiknya lihat gambar berikut ini :

Nah hanya itulah yang perlu Sahabat Master hafal untuk bisa memainkan bass. Sangat mudah tentunya untuk menghafalnya. Cara paling mudah untuk belajar gitar bass tentang nama-nama not adalah dengan Sahabat Master memainkannya terus menerus secara berurutan, sehingga Sahabat Master bisa mengurutkan namanya dari A-G kemudian oktaf berikutnya kembali A lagi, setelah itu Sahabat Master bisa bermain acak. Misalnya Sahabat Master mulai dengan senar E pada senar terbuka, perhatikan bahwa ketika Sahabat Master sudah mencapai fret 12, maka notnya telah kembali ke E lagi. Untuk belajar kunci gitar bass Sahabat Master bisa mencobanya pada semua senar dengan acuan pada gambar di atas.

 Nama not pada Bass


Trik menghafal yang lain adalah dengan perhatikan pada fret fret tertentu yang ditSahabat Masteri dengan titik-titik tunggal. Ini adalah titik referensi yang baik untuk menghafal not bagi Sahabat Master yang baru pertama memegang bass atau belum pernah bermain gitar. Titik pertama yaitu berada pada fret 3, Sahabat Master sudah tahu nada apa saja yang berada pada setiap senar di fret 3, kemudian selanjutnya berada pada fret 5, fret 7, fret 9 dan kemudian 12. Titik-titik tersebut dapat Sahabat Master jadikan patokan untuk membantu Sahabat Master dalam menghafal sebuah nada pada bass. Atau jika masih terlalu susah, Sahabat Master bisa membuat sebuah catatan yang ditempelkan pada fret dan bertuliskan nama nama not pada fret tersebut seperti pada gambar diatas.

Note : jenis bass yang Mister gunakan dalam panduan ini adalah bass stSahabat Masterr 4 senar.

Panduan diatas sudah cukup Sahabat Master untuk menguasai teknik dasar bermain gitar bass. Sebernarnya bermain gitar bass sama seperti bermain gitar biasa, karena keduannya sama sama gitar juga kan, bedanya hanya pada jumlah senarnya saja. Sampai disini dulu artikel Belajar Kunci Gitar Bass Dasar Khusus Pemula. Selamat Berlatih!