Panduan Lengkap Bermain Melodi Gitar

Panduan Lengkap Bermain Melodi Gitar - Cara belajar bermain melodi gitar sama saja seperti kita belajar gitar biasa, yaitu melodi dari tahap yang sederhana hingga tahap yang lebih rumit. Dengan mempelajari melodi gitar secara perlahan dan bertahap, maka Sahabat Master akan lebih mudah menguasai setiap tahapan nya. Lain halnya saat Sahabat Master langsung mencoba level yang rumit, Sahabat Master pasti langsung akan menemukan kesulitan dan proses belajar pun menjadi lebih lambat.

Panduan Lengkap Bermain Melodi Gitar

Dalam bermain melodi gitar memang membutuhkan tidak hanya skill dan keahlian Sahabat Master, namun juga perasaan. Hal itu karena dengan Sahabat Master menggunakan perasaan, maka Sahabat Master bisa memainkan not demi not yang saling terhubung, harmonis, dan tidak keluar dari musik yang sedang dimainkan. Sebelum Mister berbagi tentang cara belajar melodi gitar, mungkin Sahabat Master ada yang ingin membeli sebuah gitar elektrik namun bingung memilihnya, pada artikel sebelum ini Mister juga telah berbagi tentang Daftar Harga Gitar Listrik Dari Termurah Sampai Termahal yang dapat Sahabat Master jadikan referensi sebelum membeli gitar listrik.

Cara Bermain Melodi Gitar:


Membaca tab gitar


Cara belajar melodi gitar yang pertama ini merupakan sebuah keharusan yang memang harus dikuasai setiap gitaris. Yaitu membaca tab gitar, tab itu penting dalam sebuah melodi gitar. Misalnya ketika Sahabat Master ingin memainkan melodi dari lagu tertentu, maka Sahabat Master diharuskan untuk membaca tab gitar sebelum mengetahui bentuk melodinya. Selain itu, ketika mungkin Sahabat Master sudah bisa menciptakan sendiri melodi maka Sahabat Master bisa menuliskannya dalam bentuk tab. Sahabat Master juga bisa mengetahui teknik teknik yang digunakan dalam permainan melodi pada sebuah tablature. Untuk panduannya Sahabat Master bisa baca disini Cara Membaca Tab Gitar Untuk Pemula.

Picking (pemetikan gitar)


Panduan Lengkap Bermain Melodi Gitar


Sama seperti ketika belajar cara bermain gitar, saat Sahabat Master menginginkan cara belajar melodi gitar. Sahabat Master juga akan dihadapkan dengan picking yang memang sangat menentukan permainan melodi yang akan Sahabat Master mainkan. Untuk menambah kecepatan juga dibutuhkan teknik picking yang berbeda. Yang paling dasar harus Sahabat Master kuasai dalam cara belajar melodi gitar untuk picking adalah up-down stroke picking, dalam strumming juga ada istilah up-down stroke namun itu untuk pola strummingnya.

Jadi Sahabat Master harus menguasai teknik memetik keatas dan kebawah menggunakan pick gitar. Dengan seperti itu, maka permainan melodi dan picking yang Sahabat Master lakukan menjadi lebih efektif. Selain itu, cara  belajar melodi gitar yang lain dalam teknik picking ini juga ada banyak, seperti alternate picking, sweep picking, harmonic picking, tapping dan lain lain, namun itu merupakan teknik untuk level tingkat mahir yang belum wajib Sahabat Master kuasai. Nah selain picking, harus diiringi dengan kelincahan jari Sahabat Master yang menekan senar sehingga kedua tangan Sahabat Master sudah terkordinasi untuk melakukannya dan dihasilkan permainan yang lebih lancar dan tempo cepat.

Belajar Scale


 Belajar Scale


Cara belajar melodi gitar selanjutnya yaitu tentang scale. Ketika Sahabat Master menginginkan sebuah improvisasi atau menciptakan sendiri solo gitar, maka hal pertama yang wajib Sahabat Master kuasai adalah hal yang satu ini. Scale ini juga terdiri dari banyak sekali jenisnya tergantung dari karakter musik yang Sahabat Master inginkan. Namun untuk seorang pemula dalam bermain melodi gitar, Sahabat Master hanya perlu menguasai sebuah scale diatonic pada masing masing nada dasar. Untuk pertama, Sahabat Master dapat belajar dengan nada dasar C yang paling banyak digunakan pada lagu lagu populer. Untuk cara belajar melodi gitar scale dapat Sahabat Master pelajari lebih detail disini Cara Bermain Melodi Gitar Dengan Belajar Scale.

Improvisasi


 Improvisasi


Ini merupakan tahap atau cara belajar melodi gitar yang terakhir pada panduan kali ini. Yaitu improvisasi, pada dasarnya improvisasi adalah sebuah cara yang dilakukan oleh gitaris untuk memperkaya dan membuat permainan melodinya sendiri dengan iringan musik yang ada. Misalnya Sahabat Master adalah seorang gitaris lead dalam sebuah band, maka ketika memainkan sebuah lagu dan sampai pada bagian solo gitar, maka Sahabat Master dapat membuat melodi sendiri dengan improvisasi. Namun perlu diingat bahwa sebelum Sahabat Master membuat sendiri melodi, maka Sahabat Master juga harus menguasai tentang scale dan samakan dengan iringan yang dimainkan band Sahabat Master apakah menggunakan nada dasar C atau yang lainnya.

Dengan seperti itu, maka solo yang Sahabat Master mainkan pasti harmonis dengan musik iringannya. Selain scale, untuk meningkatkan improvisasi diperlukan cara lain. Cara belajar melodi gitar untuk meningkatkan improvisasi yaitu dengan mengasah dan mempelajari teknik teknik melodi gitar. Untuk teknik ini sendiri juga ada sangat banyak termasuk diantaranya adalah seperti yang sudah Mister bahas pertama tadi yaitu sweep picking, alternate picking, tapping, harmonic picking, dll. Untuk teknik yang paling mendasar sudah Mister bahas pada artikel lainnya disini Belajar Melodi Gitar 5 Teknik Dasar yang Wajib Bisa.

Tahapan belajar melodi gitar diatas sudah mencakup semua hal yang dibutuhkan untuk mahir bermain melodi gitar. Sahabat Master hanya perlu mengembangkan setiap tahapannya supaya skill yang Sahabat Master miliki lebih meningkat. Untuk mempermudah proses belajar maka pelajarilah secara bertahap dan berurutan. Demikianlah, Panduan Lengkap Bermain Melodi Gitar. Selamat Berlatih!