Tips Penempatan Posisi Jari Saat Bermain Gitar

Tips Penempatan Posisi Jari Saat Bermain Gitar - Tips bermain gitar untuk pemula tidak melulu soal teknik dan cara ter mudah bermain gitar, terkadang ada satu hal yang sering luput dari perhatian orang saat belajar bermain gitar yaitu penempatan jari , posisi, serta postur yang benar. Padahal hal ini sangat mempengaruhi dan menentukan kenyamanan Sahabat Master saat memainkan gitar, bila Sahabat Master merasa nyaman makan proses belajar bermain gitar pun akan menjadi lebih menyenangkan. Bila Sahabat Master mau Sahabat Master juga bisa mempelajari Belajar Gitar Dasar Untuk Pemula yang Harus Dikuasai.

Tips Penempatan Posisi Jari Saat Bermain Gitar

Tips belajar gitar ini penting untuk membiasakan Sahabat Master pada posisi tubuh dan jari yang benar saat bermain gitar, hal itu akan membantu Sahabat Master bermain gitar dengan baik. Dalam pelajaran ini kita akan berbicara tentang posisi yang baik dan benar jari Sahabat Master pada fret yang benar-benar penting bagi pemula.

Tips Belajar Gitar untuk Pemula


Permainan gitar klasik vs rock


Jika Sahabat Master ingin bermain gitar klasik, kemudian gunakan tips belajar gitar ini yaitu meletakkan gitar pada kaki yang sama dengan tangan yang digunakan untuk menekan senar. Sedangkan untuk posisi normal yaitu dengan meletakkan gitar di kaki dimana posisi tangan memetik senar. Misalnya pemain dengan tangan kanan, ini berarti menempatkan gitar Sahabat Master pada kaki kanan.

 Permainan gitar klasik vs rock


Tips belajar gitar akan membantu Sahabat Master mendapatkan posisi yang lebih baik untuk bermain dengan tekniknya masing masing, misalnya teknik fingerstyle pada gitar klasik. Namun jika Sahabat Master bermain gitar musik rock atau pop menggunakan posisi klasik tersebut menurut Mister terlihat aneh.

Hindari Menyangga Neck dengan Tangan


Pastikan tangan Sahabat Master ketika berada pada neck tidak menjadi tumpuan neck gitar Sahabat Master dan pastikan bahwa neck gitar Sahabat Master stabil ketika dimainkan. Hal ini dikarenakan, ketika Sahabat Master bermain gitar maka dipastikan jari jari Sahabat Master akan selalu bergerak ketika berpindah chord, dan jika tangan tersebut juga Sahabat Master gunakan untuk menumpu neck maka hal itu akan menjadi beban pada tangan sehingga jari tidak bisa bergerak bebas. Oleh karena itu perhatikan tips belajar gitar ini untuk membuat Sahabat Master nyaman dalam bermain chord gitar.

Posisi Jari Saat Menekan Senar Gitar


 Posisi Jari Saat Menekan Senar Gitar


Menekan terlalu keras pada senar akan membuat beberapa not mungkin terdengar lebih keras, dan hal itu akan membuat chord yang Sahabat Master mainkan terdengar sedikit aneh, sehingga Sahabat Master harus benar-benar hati-hati untuk itu.

Cobalah dengan menekan senar secara ringan namun semua tertekan dengan sempurna, hal itu akan membuat semua not terdengar dengan jelas dan volumenya sama. Kemudian ketika ingin berpindah chord, gerakkan jari Sahabat Master jauh dari fret atau usahakan jari Sahabat Master tidak menyentuh senar saat berganti chord.  Dengan melakukan tips belajar gitar yang satu ini maka chord yang Sahabat Master mainkan akan terdengar lebih bersih.

Posisi Penempatan Ibu Jari


Posisi Penempatan Ibu Jari


Usahakan untuk ibu jari diposisikan di belakang neck saat Sahabat Master bermain chord. Walaupun pada beberapa teknik bermain gitar, ibu jari kadang diposisikan di samping neck, tapi sebagai pemula usahakan tetap berada di belakang neck . Tips belajar gitar ini akan membantu mengembangkan otot-otot jari yang Sahabat Master perlukan untuk memainkan kunci gantung, silahkan lihat cara bermain kunci gantung disini Cara Bermain Kunci Gantung Gitar Dalam 3 Hari.

Kuku Harus Tetap Pendek


Untuk bisa bermain gitar dengan lancar, maka Sahabat Master harus selalu menjaga kuku Sahabat Master tetap pendek. Jika kuku Sahabat Master panjang maka kuku tersebut akan mengganjal jari jari Sahabat Master pada fingerboard sehingga ketika digunakan untuk memainkan chord bunyinya menjadi tidak bersih. Untuk menekan senar Sahabat Master harus menggunakan ujung jari Sahabat Master pada setiap not atau senar sehingga suara akan lebih nyaring dan mudah dimainkan. Oleh karena itu selalu perhatikan tips belajar gitar yang ini.

Jangan Sampai Mempengaruhi Bunyi Senar yang Lain


Kebanyakan pemula saat memainkan chord terbuka atau open chord, mereka kadang salah memposisikan jari yang tidak digunakan sehingga jari tersebut mengganggu senar lain misalnya senar 1 menjadi tidak berbunyi. Hal itu tentunya sangat mengganggu chord yang Sahabat Master mainkan tersebut, nadanya menjadi tidak lengkap.Sebagai pemula, Sahabat Master harus menghindari ini. Mungkin Sahabat Master juga memiliki masalah tentang hal ini yang membuat senar tidak berbunyi dan juga menghambat kecepatan perubahan chord gitar yang Sahabat Master mainkan. Tips belajar gitar unuk menghindari hal tersebut yaitu dengan cara menempatkan jari yang tidak Sahabat Master gunakan jauh di atas fretboard. Dengan menempatkannya di atas fretboard, maka hal itu juga membantu Sahabat Master ketika perpindahan kunci gitar sehingga menjadi lebih mudah dan cepat.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Mister bagikan tentang cara penempatan posisi jari dan tubuh saat bermain gitar dengan benar. Bila Sahabat Master sudah bisa melakukan tips diatas makan bukan hanya posisi Sahabat Master akan semakin nyaman saat bermain gitar tetapi juga permainan gitar Sahabat Master akan lebih mudah dan sempurna. Demikian Tips Penempatan Posisi Jari Saat Bermain Gitar. Selamat Mencoba!