Cara Belajar Fingerstyle Gitar Klasik Pemula Part 11

Cara Belajar Fingerstyle Gitar Klasik Pemula Part 11 - Banyak cara mudah belajar gitar yang dapat Sahabat Master lakukan supaya bisa mudah memainkan alat musik berdawai ini. Pada kesempatan sebelumnya Mister juga sudah membagikan tips tips bermain gitar lainnya. Dalam kesempatan kali ini Mister akan membagikan cara belajar gitar klasik. Gitar jenis ini merupakan salah satu jenis gitar yang dimainkan banyak orang.

Secara umum, gitar klasik tidaklah jauh berbeda dengan gitar akustik, yang membedakan hanyalah pada senar yang digunakan. Gitar akustik menggunakan senar stainless maupun baja berbeda dengan gitar klasik yang menggunakan senar nylon yang teksturnya lebih empuk daripada senar gitar akustik biasa. Para pemula juga direkomendasikan untuk belajar gitar klasik, karena bagi jari yang belum terlatih, akan lebih gampang untuk menekan senar dengan sempurna dibandingkan menggunakan gitar akustik. Yang akan Mister bagi kali ini adalah cara mudah belajar gitar untuk teknik fingerstyle. Ini juga menarik : Harga gitar akustik yang mungkin kalian butuhkan.

Cara Belajar Fingerstyle Gitar Klasik Pemula

Cara Belajar Gitar dengan Mudah


Mungkin Sahabat Master pernah dengar kata fingerstyle, itu adalah salah satu teknik bermain gitar yang cukup populer dan banyak menggunakan gitar klasik. Pada teknik ini dihasilkan bunyi melodi, rhythm, serta bass dengan hanya menggunakan satu gitar saja. Teknik ini dapat disebut teknik untuk tingkat mahir, oleh karena itu jika Sahabat Master masih dalam tahap belajar gitar sebaiknya Sahabat Master bersabar untuk melakukan teknik fingerstyle, pelajari terlebih dahulu seri sebelumnya dari cara bermain gitar yang dapat Sahabat Master temukan disini Kumpulan Cara Bermain Gitar Lengkap .

Cara belajar fingerstyle dengan mudah


Untuk memainkan teknik fingerstyle, kita dituntut untuk bisa memaksimalkan jari jari kita dalam menekan serta memetik senar. Hal itu dikarenakan 3 elemen harus kita mainkan secara bersamaan. Biasanya banyak orang yang mencover lagu lagu tertentu dan mengubah liriknya menggunakan melodi melodi gitar, tanpa menghilangkan iringan atau rhythm serta bassnya. Nah untuk cara mudah belajar gitar sebaiknya Sahabat Master pahami dulu Belajar Cara Memetik Gitar Akustik Untuk Pemula. Setelah Sahabat Master menguasai maka Sahabat Master di posisi yang tepat untuk belajar gitar klasik fingerstyle.

Belajar Gitar Klasik untuk Pemula


Belajar Gitar Klasik untuk Pemula


Yang perlu pertama Sahabat Master lakukan adalah dengan menentukan lagu apa yang akan Sahabat Master ubah menjadi melodi  fingerstyle. Untuk yang baru belajar gitar klasik sebaiknya pilih lagu yang mudah dan slow. Gunakan semua bagian jari Sahabat Master untuk memetik dan menekan senar gitar. Cara mudah belajar gitar ini akan dapat Sahabat Master kuasai jika Sahabat Master sudah lancar memainkan petikan pada gitar.

Jari yang bertugas memetik senar untuk memainkan melodi dan rhythm adalah jari telunjuk,  jari tengah, jari manis, dan jari kelingking sedangkan untuk yang bertugas memainkan bass adalah ibu jari. Pada jari kiri yang digunakan untuk menekan senar, sebelum belajar gitar klasik sebaiknya Sahabat Master lakukan peregangan atau senam jari terlebih dahulu supaya lebih lentur. Jari kiri dapat Sahabat Master gunakan untuk membentuk chord yang nantinya bisa menghasilkan suara melodi, rhythm serta bass tanpa harus berpindah pindah dengan susah. Koordinasi antar jari juga diperlukan karena pada teknik ini kita tidak hanya memainkan satu nada atau satu elemen saja, namun ada 3 elemen yang harus dimainkan sekaligus. Cara mudah belajar gitar teknik fingerstyle adalah dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk terlebih dahulu untuk pemula. Elemen yang dimainkan cukup bass dengan melodi saja, itu sudah cukup untuk seorang pemula yang sedang mempelajari cara bermain gitar teknik fingerstyle.

Dengan memainkan dua elemen saja Sahabat Master sudah bisa memainkan fingerstyle walaupun masih kurang rhythm namun hal ini bisa Sahabat Master lengkapi seiring berjalannya waktu. Setelah Sahabat Master terbiasa memainkan bass dan melodi secara bersamaan maka Sahabat Master akan menjadi semakin lancar dalam belajar gitar klasik fingerstyle, nah pada saat itu Sahabat Master dapat melatih jari Sahabat Master untuk juga memainkan rhythm . itu adalah salah satu trik cara mudah belajar gitar untuk teknik ini.

Selain belajar gitar klasik, teknik ini juga dapat Sahabat Master terapkan pada gitar jenis lainnya seperti gitar akustik ataupun gitar elektrik. Namun untuk gitar akustik, Sahabat Master pasti akan menemui kesulitan karena senar yang ditekan lebih susah dan keras daripada gitar klasik sehingga mungkin nada yang dihasilkan akan fals atau tidak berbunyi sempurna. Oleh karena itu untuk cara mudah belajar gitar sebaiknya gunakan gitar klasik.

Untuk Sahabat Master yang ingin lebih dalam belajar gitar silahkan lihat Belajar Cara Memainkan Gitar Dengan Cepat. Ketekunan sangatlah diperlukan dalam mempelajari teknik bermain gitar apapun, maka Sahabat Master harus sering berlatih. Diperlukan proses hingga akhirnya bisa memainkan gitar klasik. Sekian dulu Cara Belajar Fingerstyle Gitar Klasik Pemula. Selamat Berlatih!