Cara Belajar Teknik Dasar Strumming dalam Bermain Gitar

Cara Belajar Teknik Dasar Strumming dalam Bermain Gitar - Salah satu teknik bermain gitar yang harus Sahabat Master kuasai adalah teknik strumming atau yang lebih kita kenal dengan sebutan menggenjreng, bila Sahabat Master sudah menguasai teknik ini maka Sahabat Master akan semakin mudah dalam memainkan lagu. Mempelajari beberapa pola dasar akan semakin membuat Sahabat Master terbiasa dalam memainkan gitar, lagu yang diinginkan pun akan dengan mudah Sahabat Master mainkan. Di kesempatan kali ini Mister akan membagikan teknik dasar strumming dalam bermain gitar. Apabila Sahabat Master belum memiliki pengetahuan chord dasar gitar maka Sahabat Master bisa buka Tips Mudah Cepat Menghafal Kunci Gitar dan Belajar Gitar.

Cara Belajar Teknik Dasar Strumming dalam Bermain Gitar

Cara Belajar Teknik Dasar Strumming dalam Bermain Gitar

Cara Menguasai Teknik Dasar Bermain Gitar


Posisi senar yang dipetik atau dimainkan


Untuk mendapatkan suara yang maksimal, Sahabat Master dapat melakukan teknik strumming ini yaitu pada senar yang letaknya antara lubang suara dan saddle atau bridge. Perlu Sahabat Master tahu bahwa dimana letak Sahabat Master melakukan strumming ataupun petikan pada senar itu mempengaruhi suara yang dihasilkan. Jika Sahabat Master memilih untuk strumming di bagian atas atau mendekati neck maka suara yang dihasilkan akan lebih warm dan bass sedangkan jika Sahabat Master memilih untuk strumming di bagian bawah mendekati saddle / bridge maka suara yang dihasilkan akan lebih bright dan treble. Walaupun tidak ada aturan pasti untuk hal ini namun bagi Sahabat Master yang baru belajar teknik dasar bermain gitar sebaiknya gunakan yang Sahabat Master saja.

Pelajari Down stroke dan Up stroke


 Pelajari Down stroke dan Up stroke


Dalam teknik dasar bermain gitar yang satu ini dapat Sahabat Master mainkan dengan cara down stroke atau memetik ke bawah dan up stroke atau memetik ke atas . Lebih jelasnya yaitu dapat diartikan dengan gerakan tangan Sahabat Master saat melakukan strumming, apakah ke bawah atau keatas. Untuk berlatih teknik down stroke strumming Sahabat Master dapat membentuk sebuah pola chord dan kemudian memetiknya secara down stroke dari atas ke bawah, kemudian ganti sampai semua chord Sahabat Master bisa dan terdengar bunyi yang sempurna. Begitu juga untuk belajar up stroke, Sahabat Master dapat menggunakan semua kunci dan memetiknya dari bawah ke atas.

Kombinasikan teknik Up – Down stroke


Jika Sahabat Master sudah mempelajari dan menguasai satu persatu teknik up stroke dan down stroke, maka saat ini Sahabat Master perlu belajar untuk mengkombinasikan teknik dasar bermain gitar tersebut. Dalam bermain strumming gitar Sahabat Master harus bisa memainkan up – down stroke dengan lancar. Untuk pemula yang baru belajar cara bermain gitar, Sahabat Master dapat menggunakan pola yang paling sederhana yaitu : (DUDUDUDU) D yaitu Down stroke dan U yaitu Up stroke. Perlu Sahabat Master ketahui juga bahwa dalam belajar teknik strumming diperlukan ketepatan tempo, oleh karena itu dalam belajar pola strumming di atas Sahabat Master harus bisa menyesuaikan tempo supaya selalu tepat, bahkan Sahabat Master bisa menggunakan sebuah metronome untuk menjaga tempo tetap stabil.

Perpindahan chord gitar


Ketika Sahabat Master merasa nyaman dengan teknik dasar bermain gitar up stroke dan down stroke pada sebuah chord, maka Sahabat Master harus berlatih untuk berganti chord. Misalnya Sahabat Master memulai strumming up – down stroke dengan chord G, selanjutnya setelah beberapa ketukan Sahabat Master ganti dengan chord lain misalnya C, kemudian D dan seterusnya dalam jangka waktu ketukan yang sama setiap perpindahan chord. Untuk pemula sebaiknya Sahabat Master menggunakan progresi stSahabat Masterr yang sangat simpel yaitu (Em-C-G-D). Pelajari caranya di Cara Belajar Gitar Akustik Dengan Metode Cepat.

Pelajari Pola yang Lebih Rumit


Hampir tidak ada lagu menggunakan hanya pola (DUDUDUDU) itu hanya pola untuk latihan saja dan memang akan membosankan untuk memainkan pola yang sama tersebut berulang-ulang karena sangat datar. Sahabat Master dapat membuat sebuah modifikasi pada pola misalnya  (DUDUDU-U).  Ataupun dengan pola yang sangat populer dan banyak digunakan dalam lagu lagu populeryaitu (DDUU-DU). Berikut ini beberapa pola yang lazim digunakan pada sebuah lagu dan dapat Sahabat Master gunakan untuk belajar, namun pastikan dulu Sahabat Master memahami sebuah ketukan dalam lagu.

 Pelajari Down stroke dan Up stroke


Sahabat Master juga dapat mengetahui pola strumming yang digunakan dalam sebuah lagu. Yaitu dengan  mendengarkan lagu tersebut kemudian rasakan iramanya dan setelah itu Sahabat Master bisa mengikuti irama lagu tersebut diikuti melakukan strumming pada gitar Sahabat Master. Sekarang Sahabat Master sudah dapat mengetahui teknik dasar bermain gitar, Sahabat Master dapat mulai belajar untuk beragam pola strumming yang lebih rumit misalnya pada lagu rock. Dengan strumming ini maka permainan gitar Sahabat Master menjadi lebih menarik dan tidak terkesan membosankan karena banyak irama yang bisa digunakan.

Berlatih variasi strumming


Jika hanya strumming saja mungkin akan terdengar membosankan, namun ada cara untuk membuatnya menjadi tidak membosankan yaitu dengan menambahkan variasi dengan meredam suara senar, Sahabat Master bisa melakukan teknik dasar bermain gitar ini menggunakan jari dan tangan Sahabat Master. Sembari Sahabat Master melakukan strumming, Sahabat Master melakukan peredaman terhadap bunyi senar. Hal ini bisa dilakukan tangan kiri ataupun tangan kanan Sahabat Master. Misalnya ketika tangan kanan Sahabat Master gunakan untuk strumming senar maka tangan kiri Sahabat Master menghentikan senar dengan cara memegang nya tanpa menekan. Hal itu akan membuat sebuah ritme yang menarik pada pola strumming gitar. Ini juga membuat permainan gitar Sahabat Master tidak terlalu monoton.
Tempo itu penting

Sangat banyak pemula belajar gitar yang tidak memperhatikan hal ini, mereka hanya terlalu berfokus untuk melakukan pola strumming yang mereka pelajari namun melupakan sebuah tempo. Ketika Sahabat Master melakukan teknik dasar strumming bermain gitar ini, cobalah untuk menggunakan sebuah metronome, sekarang ini banyak aplikasi aplikasi metronome yang dapat Sahabat Master install di smartphone. Jika Sahabat Master masih malas untuk melakukannya, Sahabat Master bisa meminta bantuan kepada teman Sahabat Master untuk membuatkan bunyi ketukan yang dapat Sahabat Master dengar, namun cara ini kurang efektif. Setelah Sahabat Master terbiasa melakukan strumming dengan metronome maka Sahabat Master bisa menguasai tempo dengan lancar dan Sahabat Master juga akan bisa otomatis membuat tempo ketukan sendiri dalam pikiran Sahabat Master saat Sahabat Master memainkan gitar. Mister juga sudah membagi tentang tempo pada artikel Trik Belajar Chord Dasar Gitar Cepat .

Mulai memainkan lagu


Ini adalah inti dari belajar gitar serta teknik dasar bermain gitar yang sudah Sahabat Master pelajari. Yaitu dengan praktek untuk memainkan sebuah lagu, mulailah dengan lagu yang mudah dan dapat Sahabat Master gunakan untuk belajar pola strumming gitar dasar.

Dengan terus berlatih dan mempratekan tutorial diatas maka Sahabat Master akan segera menguasi teknik bermain strumming dalam gitar. Pesan dari Mister, rajin lah berlatih dan terus berlatih sampai Sahabat Master menguasai sebuah teknik yang Sahabat Master pelajari. Sekian dulu. Cara Belajar Teknik Dasar Strumming dalam Bermain Gitar. Selamat Mencoba!