Tips Cara Bermain Kunci Gitar Gm atau G minor

Tips Cara Bermain Kunci Gitar Gm atau G minor - Kunci gitar G minor atau Gm ternyata tidak sulit dan sangat mudah bahkan untuk pemula yang baru belajar gitar sekalipun. Kunci Gm sering ditemukan pada lagu-lagu populer, meskipun memang mungkin Sahabat Master asing dengan kunci G minor karena biasanya yang memakai kunci ini adalah lagu yang menggunakan progresi chord kompleks, dan lagu-lagu sederhana biasanya tidak menggunakan kunci Gm.

Dalam artikel sebelumnya Mister juga pernah membahas Macam Macam Kunci Gitar Mayor, Minor, Augmented, Diminished, pembentuk kunci minor itu sendiri yaitu 1-3b-5 dengan 1=nada dasar. Nah untuk kunci gitar Gm ini maka dapat kita bentuk dari nada G-Bb-D, itulah kunci G minor. Dengan 3 not tersebut, Sahabat Master bisa memainkan sebuah chord yang cukup kaya nada. Sedangkan untuk bentuk chordnya sendiri, berdasarkan not G-Bb-D bisa dibentuk beberapa pola chord. Mister akan membahas 2 bentuk kunci gitar Gm yang mudah dimainkan oleh pemula. Sebelumnya Sahabat Master juga bisa membaca artikel tentang Belajar Meningkatkan Kecepatan Bermain Melodi Gitar.

Kunci gitar Gm


Bentuk kunci sederhana

Tips Cara Bermain Kunci Gitar Gm atau G minor

Kunci gitar Gm yang pertama ini yaitu pola dengan bentuk yang sederhana jadi sangatlah mudah untuk dimainkan bagi pemula yang belajar cara bermain gitar. Sebenarnya kunci sederhana ini adalah berasal dari kunci gantung yang dihilangkan beberapa notnya sehingga menjadi lebih sederhana. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar chord Gm dibawah ini.

Tips Cara Bermain Kunci Gitar Gm atau G minor


Untuk cara memainkan kunci gitar Gm ini sangat mudah. Sahabat Master hanya perlu menempatkan jari telunjuk Sahabat Master untuk menekan senar 1, 2, dan 3 pada fret 3. Kemudian gunakan jari manis untuk menekan senar 4 pada fret 5. Sedangkan untuk senar 5 dan 6 tidak perlu untuk dimainkan. Nah sekarang Sahabat Master bisa mencoba strumming dari senar 1-4 untuk memainkan kunci gitar Gm.

Bentuk kunci gantung


Kunci gitar Gm selanjutnya yaitu menggunakan barre chord atau biasa dikenal dengan kunci gantung. Bagi yang belum bisa memainkannya silahkan baca artikel sebelumnya di Cara Bermain Kunci Gantung Gitar Dalam 3 Hari. Nah ini adalah versi lengkap dari kunci sederhana yang sebelumnya sudah Mister bahas di atas. Jadi dengan kunci gantung ini kita bisa menghasilkan suara yang lebih kompleks lagi misalnya dari segi bassnya. Silahkan lihat gambar kunci gitar Gm dibawah ini.

gambar

Jika Sahabat Master sudah bisa bermain kunci gantung, maka tidak ada masalah untuk memainkan kunci gitar Gm ini. Namun bagi yang belum bisa akan Mister berikan panduannya. Pertama letakkan jari telunjuk Sahabat Master untuk menekan semua senar pada fret 3 dan pastikan semua nadanya berbunyi. Kemudian tempatkan jari manis untuk menekan senar 5 fret 5 dan jari kelingkin untuk senar 4 fret 5. Sahabat Master bisa membunyikan semua senar pada kunci gitar gm gantung ini.

Bagi yang sedang belajar, Mister sarankan untuk menggunakan kunci gitar gm yang sederhana terlebih dahulu, setelah cukup menguasai barulah pelajari kunci gantung. Dengan menguasainya kunci gitar G minor ini maka Sahabat Master akan semakin mudah dalam memainkan lagu lagu yang menggunakan progresi kompleks yang terdapat kunci Gm didalamnya. Sekian dulu Tips Cara Bermain Kunci Gitar Gm atau G minor. Selamat Berlatih!