Cara Meningkatkan Kecepatan Bermain Melodi Gitar

Cara Meningkatkan Kecepatan Bermain Melodi Gitar - Belajar meningkatkan kecepatan dalam bermain melodi gitar merupakan hal yang menarik untuk dipelajari setiap gitaris. Dengan menguasai kecepatan tinggi maka akan meningkatkan gaya, teknik serta variasi permainan melodi gitar yang Sahabat Master mainkan. Jari-jari Sahabat Master akan merasa ringan serta fleksibel dan Sahabat Master akan mendapatkan lebih banyak kebebasan dalam bermain gitar.


Meningkatkan kecepatan dalam belajar melodi gitar mungkin Sahabat Master akan mengalami beberapa tantangan yang membutuhkan banyak kesabaran dan kerja keras. Jika Sahabat Master hanya berlatih pada waktu yang lama itu tidak selalu efektif dalam meningkatkan kecepatan permainan melodi , Sahabat Master harus melakukannya dengan cara yang benar dalam belajar melodi gitar. Sebelumnya jika Sahabat Master sedang belajar gitar, maka silahkan lihat juga: Aplikasi Gitar Untuk Belajar Dengan Cepat.

Belajar Melodi Gitar:


Praktek dengan lambat


belajar melodi gitar


Kebanyakan orang yang belajar melodi gitar mereka tidak memiliki cukup kesabaran. Mereka ingin bermain dengan cepat. Namun perlu Sahabat Master tahu, untuk bisa bermain dengan cepat kita harus memulainya dengan lambat. Sebaiknya Sahabat Master tidak mengabaikan hal ini atau Sahabat Master akan lebih susah dalam mempercepat permainan melodi.

Mulailah belajar melodi gitar dengan lambat dan bertahap akan membangun kecepatan Sahabat Master. Pastikan Sahabat Master bermain dengan posisi tangan yang tepat dan postur tubuh yang baik. Tetaplah bermain dengan lambat sampai Sahabat Master bisa memainkan setiap not dengan bersih dan tidak fals.

Gunakan metronom


Seperti yang sudah banyak Mister katakan, untuk belajar melodi gitar lebih akurat dan mendapatkan kecepatan Sahabat Master sampai ke tingkat tinggi, Sahabat Master perlu belajar untuk bermain dengan metronom. Sahabat Master bisa mendapatkan metronom di toko gitar, mengunduh aplikasi metronome untuk smartphone, ataupun aplikasi pada pc.

Hindari ketegangan pada jari


Ketika Sahabat Master mencoba untuk bermain lebih cepat, maka jari-jari Sahabat Master mungkin akan sedikit lebih tegang. Ketegangan itu mengurangi kecepatan jadi cobalah untuk meregangkan jari Sahabat Master sebelum bermain. Buatlah otot pada jari jari Sahabat Master rileks sehingga jari tersebut akan lentur ketika digunakan untuk memainkan kecepatan penuh. Sahabat Master juga perlu menghindari ketegangan di bagian lain tubuh Sahabat Master seperti pergelangan tangan, lengan, bahu dan punggung. Bagian bagian tersebut memiliki efek pada permainan melodi gitar Sahabat Master tersebut. Hal ini sangat berpengaruh dalam belajar melodi gitar.

Praktek Lebih Cepat


belajar melodi gitar


Setelah Sahabat Master dapat bermain tempo lambat dengan jelas, maka ini saatnya Sahabat Master dapat mencoba untuk bermain lebih cepat. Seperti tips kedua di atas, menggunakan metronome adalah hal yang terbaik dalam belajar melodi gitar. Sahabat Master bisa meningkatkan kecepatannya mungkin setingkat lebih cepat menggunakan metronome, hal itu akan lebih akurat daripada Sahabat Master tidak menggunakan metronome..

Jika Sahabat Master masih merasa susah untuk bermain lebih cepat, maka Sahabat Master bisa belajar melodi gitar dengan menurunkan lagi kecepatannya sampai Sahabat Master merasa bisa dan mampu melakukan dengan sempurna. Setelah kecepatan tersebut lancar, maka Sahabat Master bisa meningkatkannya lagi.

Merekam video saat bermain gitar


Banyak cara untuk melihat apa yang sebenarnya Sahabat Master lakukan ketika sedang bermain gitar dan bagaimana Sahabat Master melakukannya apakah sudah benar atau belum, salah satunya adalah dengan merekam video setiap latihan atau minimal seminggu sekali. Dengan cara ini maka Sahabat Master bisa menganalisis permainan gitar yang sedang Sahabat Master lakukan, hal ini sangat bermanfaat jika Sahabat Master ingin belajar melodi gitar dalam tempo yang cepat. Sahabat Master bisa mengetahui dimana letak kesalahan dan setelah itu Sahabat Master bisa memperbaikinya.

Berlatih secara rutin dan teratur


Meningkatkan kecepatan dalam bermain melodi gitar tidak akan terwujud dalam waktu sehari saja. Untuk memainkan melodi sangat cepat itu bisa membutuhkan waktu berbulan bulan bahkan lebih dari satu tahun, tetapi jika Sahabat Master lebih sering berlatih untuk belajar melodi gitar pada peningkatan kecepatan , maka Sahabat Master akan mendapatkan hasil yang lebih cepat bahkan hanya dalam beberapa minggu Sahabat Master akan menjadi jauh lebih cepat dalam bermain melodi dan jari Sahabat Master pun lebih fleksibel daripada sebelumnya .

Jadi, Praktek dengan rutin dan teratur lebih baik lagi dilakukan setiap hari misalnya dalam waktu setengah jam atau satu jam untuk mendapatkan hasil maksimal. Jika Sahabat Master tidak punya banyak waktu , maka latihan 15 menit perhari juga dapat meningkatkan kecepatan bermain melodi yang Sahabat Master pelajari tersebut. Untuk panduan lebih lengkap tentang belajar melodi gitar silahkan baca disini Kunci Bermain Melodi Gitar Untuk Pemula.

Yang perlu di ingat bahwa yang paling penting bukanlah seberapa banyak berlatih, tetapi Sahabat Master juga perlu memperhatikan cara latihan. Satu lagi yang tidak boleh terlupa adalah latihan rutin setiap hari. Sampai disini dulu, Cara Meningkatkan Kecepatan Bermain Melodi Gitar. Selamat Berlatih!