Daftar Kunci/Chord Gitar Minor, Mayor, Augmented, Diminished

Daftar Kunci/Chord Gitar Minor, Mayor, Augmented, Diminished - Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan jenis-jenis kunci gitar yang harus diketahui dan bagaimana kunci tersebut dibentuk agar Sahabat Master tidak usah repot lagi melihat panduan cara bermain chord gitar karena dengan menguasai teori yang dijelaskan kali ini Sahabat Master akan mampu membuat kunci sendiri. Dalam kesempatan yang lalu Mister telah menjelaskan 3 Tahap Wajib Belajar Bermain Gitar Pemula Mister ingin mengatakan bahwa mempelajari teori itu penting, dan itulah mengapa Mister membuat artikel ini, agar Sahabat Master bisa lebih mengenal macam dan jenis-jenis kunci gitar dasar.

Daftar Kunci/Chord Gitar Minor, Mayor, Augmented, Diminished

Jenis - Jenis Kunci Gitar


#1. Kunci Gitar Mayor


Mungkin ini sudah umum Sahabat Master dengar tentang kunci mayor, misalnya C mayor ataupun D mayor. Mayor ini masuk dalam salah satu jenis macam macam kunci gitar. Mari kita mulai belajar cara bermain gitar dengan kunci gitar yang cukup mendasar. Dalam contoh ini, kita akan melihat sebuah chord A mayor. Untuk memulai, kita akan mengambil sebuah nada dasar, karena kita akan melihat sebuah kunci A, maka nada dasarnya juga A:

kunci a mayor gitar


Dari gambar tersebut itu salah satu macam macam kunci gitar yang merupakan bentuk kunci A, Nada pertama yang dibentuk dalam kunci A yaitu nada dasar (1=do) itu sendiri yaitu A yang berada pada senar 5 fret 0 dan senar 3 fret 2. Kemudian diikuti oleh nada selanjutnya yaitu C# yang jika dihitung secara solmilasi dari A=do, C# berada pada nada ke 3 atau mi. Dalam chord A mayor tersebut C# terletak pada senar 2 fret 2. Nada terakhir dalam kunci A mayor adalah nada kelima atau sol dari A=do yaitu E. Dalam kunci A mayor ini, E terletak pada senar 6 fret 0, senar 4 fret 2 dan senar 1 fret 0. Not yang dibunyikan pada kunci A mayor ini mewakili semua senar sehingga semua senar dapat Sahabat Master petik.

Dari hal di atas Sahabat Master sudah bisa membentuk sebuah kunci A mayor. Dapat disimpulkan bahwa chord mayor entah itu A atau chord apapun, terbentuk dengan pola not:

1 3 5 (do, mi, sol, dengan do=kunci dasar tersebut)

Pada salah satu dari macam macam kunci gitar ini, angka angka tersebut mewakili not, dan angka tersebut akan memudahkan Sahabat Master dalam kunci kunci tertentu.

#2. Kunci Gitar Minor


Macam macam kunci gitar selanjutnya yaitu jenis kunci minor. Selain mayor, pada kunci gitar juga terdapat kunci mayor, Sahabat Master pasti mengetahui hal ini semuanya. Pada kunci minor ini hanya terdapat satu saja not yang sedikit berubah dari pola pada chord mayor sebelumnya. Contoh kunci A minor seperti ini:

kunci gitar minor


Dapat Sahabat Master lihat polanya hampir sama dengan pola pada macam macam kunci gitar sebelumnya yaitu A mayor. Pada A minor ini yang berubah hanya pada not yang A mayor tadi pada senar 2 fret 2 (C#), pada chord mayor ini berubah menjadi senar 2 fret 2 atau C. Dari hal tersebut dapat kita ambil kesimpulan untuk bagaimana pembentuk chord A minor ini.

Not ketiga atau mi dari skala A mayor yang sudah Mister bahas di atas adalah C#. Namun, dalam kunci  minor, C# diubah atau diturunkan setengah nada sehingga menjadi C. Selain hal tersebut, posisi lainnya tidak berubah yaitu not 1 pada A dan not 5 pada E. Nah jika pada chord mayor polanya adalah 1 3 5 maka pada chord minor polanya yaitu :

1 3b 5 (dengan do=kunci dasar tersebut)

Sahabat Master dapat melihat bahwa jika salah satu jenis macam macam kunci gitar ini dibandingkan dengan triad A mayor, hanya ada satu not yang letaknya berbeda, dan perbedaannya yaitu pada not ke 3 yang diturunkan setengah nada. Ini adalah perbedaan utama dari kunci mayor dan minor.

#3. Kunci Gitar Augmented


Pada macam macam kunci gitar berikutnya kita akan belajar tentang kunci augmented. Pada kunci augmented juga tidak jauh berbeda dari kunci mayor, hanya satu not yang berbeda dari kunci mayor. Lalu apa bedanya dengan kunci minor? . Lihat  kunci A aug atau biasa disebut A+ berikut:

Kunci Gitar Augmented


Jika kita lihat macam macam kunci gitar yang pertama tadi tentang A mayor mungkin dengan A+ ini hampir mirip jika dilihat 3 senar yang ditekan yaitu senar 2, 3, dan 4. Namun pada kunci A+ ini ditambah lagi yaitu pada senar 1 fret 1. Pada kunci A mayor tadi yang digunakan yaitu senar 1 fret 0, Oke sekarang akan Mister bahas tentang perbedaannya.

Di awali dengan nada dasar atau not 1 yang tetap masih sama yaitu A pada senar 5 fret 0 dan senar 3 fret 2, kemudian dilanjutkan dengan not 3 yang masih sama juga seperti kunci A mayor yaitu nada C# yang berada pada senar 2 fret 2. Nah ini dia yang berbeda yaitu pada not 5nya, untuk kunci augmented ini not 5 dinaikkan setengah nada sehingga menjadi 5#. Pada kunci A+ , not 5# yaitu nada F yang berada pada senar 4 fret 3 dan senar 1 fret 1. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembentuk chord augmented yaitu:

1 3 5# (dengan do=kunci dasar)

Sebuah not kelima yang dinaikkan setengah nada sehingga menjadi # 5 di urutan numerik di atas akan menghasilkan  suara yang berbeda dari jenis chord mayor yakni lebih terdapat suasana tegang.

#4. Kunci Gitar Diminished


Sekarang saatnya untuk macam macam kunci gitar yang terakhir dari pelajaran kali ini, yaitu kunci diminished. Pada jenis kunci diminished ini memang kadang cukup asing bagi yang sedang belajar cara bermain gitar. Perbedaanya dengan kunci mayor yaitu terdapat 2 nada yang berbeda dari kunci mayornya tersebut. Lihatlah contoh kunci A dim berikut ini:

Kunci Gitar Diminished


Dapat Sahabat Master lihat bahwa memang salah satu dari 4 macam macam kunci gitar di atas memang cukup berbeda dari kunci utamanya atau mayor. Chord A dim ini terbentuk dari 3 not sama seperti jenis kunci lainnya yaitu not 1 atau do yang merupakan nada dasarnya yaitu A yang berada pada senar 5 fret 0 dan senar 3 fret 2. Kemudian dilanjutkan dengan nada ke 3 atau mi yang sedikit berubah yakni diturunkan setengah nada menjadi 3b, pada chord A dim yaitu nada C yang berada pada senar 2 fret 1. Yang terakhir yaitu nada 5 yang diturunkan setengah nada juga menjadi 5b, yaitu terdapat pada nada Eb atau D# yang letaknya yaitu pada senar 4 fret1. Dengan pengertian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pola pembentuk chord diminished yaitu :

1 3b 5b (dengan do=nada dasarnya)

Kesimpulan dari semua macam macam kunci gitar (mayor, minor, augmented dan diminished)

Daftar Kunci/Chord Gitar Minor, Mayor, Augmented, Diminished


Dengan penjelasan jenis jenis kunci gitar diatas maka kita sekarang sudah dapat memainkan kunci gitar dengan lebih mudah dan kita pun telah mempelajari pembentuk-pembentuknya. Menguasai berbagai macam jenis kunci gitar akan membuat permainan gitar kita lebih bervariasi. Mungkin Sahabat Master sekarang mulai mempertimbangkan untuk membeli sebuah gitar yang bagus, untuk itu Sahabat Master bisa melihat Harga Gitar Akustik Yamaha. Sekian dulu artikel mengenai Daftar Kunci/Chord Gitar Minor, Mayor, Augmented, Diminished. Selamat Berlatih!