3 Tahap Wajib Belajar Bermain Gitar Pemula

3 Tahap Wajib Belajar Bermain Gitar Pemula - Untuk orang yang baru belajar bermain gitar dan mencari tutorial belajar gitar untuk pemula merupakan hal yang wajar. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah untuk menjadi seorang pemain gitar yang mahir bukanlah hal yang mudah. Tetapi tidak ada sesuatu yang mustahil di dunia ini, walaupun Sahabat Master seorang pemula tetapi Sahabat Master tetap bisa belajar gitar dengan cepat dan mudah. Sebenarnya tidak ada sesuatu yang spesial untuk membuat belajar gitar menjadi mudah, tetapi ada beberapa tahapan proses dalam bermain gitar untuk pemula yang bisa membantu Sahabat Master mempelajari alat musik gitar setelah mungkin banyak teman Sahabat Master yang menyerah ditengah jalan.

3 Tahap Wajib Belajar Bermain Gitar Pemula


Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula


Mempelajari Teori Musik


Seperti yang sudah Mister singgung pada artikel sebelumnya pada Trik Cara Belajar Gitar Dengan Cepat Bahkan Beberapa Hari, cara bermain gitar bagi pemula lebih dari sekedar mengetahui bagaimana pola atau bentuk kunci atau bahkan hanya mengetahui lokasi dari semua not pada fretboard. Mempelajari teori musik akan memungkinkan Sahabat Master untuk bermain kunci pada skala apapun di sembarang senar atau fret namun yang Sahabat Master mainkan tersebut masih masuk ke dalam nada dan tidak fals, selain itu Sahabat Master juga dimungkinkan untuk bisa menulis lagu sendiri jauh lebih mudah, ini adalah cara bermain gitar bagi pemula yang sangat sederhana. Berbagai panduan gitar ada di blog Mister Master Gitar yang meliputi banyak hal tentang cara bermain gitar. Mister beri contoh:

Mempelajari teori musik

Mempelajari teori musik

Skala C mayor : C D E F G A B C
(dihitung dari nada do, re, mi, fa, sol, la, si dan do dengan do = C )
Mengapa ini penting dalam cara bermain gitar bagi pemula? Karena pada fret gitar Sahabat Master not ini tidak terpisah jarak yang sama dan tidak ada pembatas yang dapat menjadi pemandu Sahabat Master. Nada B dan C yaitu berjarak satu fret, seperti nada E dan F. Selain not tersebut yaitu berjarak dua fret. Kita bisa menggunakan skala tersebut untuk membentuk sebuah chord, apakah Sahabat Master tahu bagaimana chord C bisa terbentuk? Ternyata chord C terbentuk dari nada 1, 3, dan  5 yaitu C, D dan G. Dengan 3 nada tersebut sudah terbentuk sebuah chord C. Sekarang, tanpa mengetahui formasi atau melihat setiap gambar chord, Sahabat Master dapat membentuk setiap chord Mayor setiap saat.

Belajar Rhythm


 Belajar Rhythm


Untuk bagian cara bermain gitar bagi pemula yang ini akan sangat baik jika Sahabat Master memiliki misalnya seorang teman yang dapat diajak untuk bermain gitar bersama. Namun, di sini sangat dasar ketika Sahabat Master memainkan chord gitar dengan hanya melakukan strumming atau genjrengan satu arah saja atau Sahabat Master memilih bermain setiap senar dengan cara berurutan dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas. Oleh karena itu diperlukan sebuah pattern atau pola dalam strumming sehingga Sahabat Master bisa menikmati lagu yang dimainkan, untuk mendapatkannya Sahabat Master bisa mendengarkan lagu yang ingin dimainkan dan selanjutnya ikuti pola genjrengannya. Kemudian, yang paling penting dalam cara bermain gitar bagi pemula adalah biarkan tangan tetap bertahan untuk menekan senar sebelum masuk ke kunci selanjutnya. Ketika Sahabat Master akan memainkan kunci berikutnya, maka pindahlah secara halus tanpa merusak suara yang dihasilkan atau jangan sampai nada terdengar fals, Mister sudah membahas banyak cara ini di Kumpulan Cara Bermain Gitar Lengkap

Praktek Bermain Gitar


 Praktek Bermain Gitar


Yang ketiga ini adalah inti dari semua langkah cara bermain gitar bagi pemula, hanya ada satu kunci yang akan membuat Sahabat Master bisa menguasai sebuah alat musik yaitu dengan praktek. Pertama kali Sahabat Master bermain gitar, sesi latihan Sahabat Master minimal yaitu selama dua puluh lima menit perhari. Tujuannya di sini adalah untuk menguatkan jari tangan Sahabat Master sehingga mereka dapat terbiasa dengan senar gitar. Untuk latihan rutin bagi jari Sahabat Master caranya yaitu dengan cara menekan setiap fret menggunakan setiap jari Sahabat Master dan bunyikan senar tersebut, lakukan sampai Sahabat Master menghasilkan bunyi yang sempurna atau tidak buzzing, ketika Sahabat Master sudah mampu melakukannya maka jari Sahabat Master tidak akan ada masalah ketika digunakan untuk menekan sebuah pola chord gitar. Jika Sahabat Master sudah dapat melakukan cara belajar gitar bagi pemula yang satu ini dengan masing-masing jari, dan Sahabat Master sudah tidak merasakan sakit, maka Sahabat Master siap untuk memperpanjang sesi latihan Sahabat Master. Setelah latihan jari maka Sahabat Master juga perlu untuk berlatih chord setiap hari, gunakan progresi chord sederhana untuk melatih dan menghafal chord gitar serta melatih strumming.

Nah demikianlah beberapa cara bermain gitar khusus pemula yang harus Sahabat Master ketahui. Dengan menggunakan langkah tersebut, maka seorang pemula bisa dengan lancar bermain gitar karena tahapan tahapannya sudah urut dari yang ter mudah sampai ter sulit. Akhirnya artikel 3 Tahap Wajib Belajar Bermain Gitar Pemula ini harus kita akhiri disini, sampai jumpa lagi di tutorial selanjutnya. Selamat Berlatih!