Belajar Gitar Elektrik Khusus Pemula Part 12

Belajar Gitar Elektrik Khusus Pemula Part 12 - Salah satu skill yang harus dikuasai cara bermain gitar untuk pemula adalah belajar gitar elektrik. Kemampuan bermain gitar Sahabat Master akan semakin lengkap bila sudah menguasai gitar akustik dan mahir bermain gitar elektrik. Cara memainkan gitar elektrik pun tidak jauh berbeda dengan cara bermain gitar akustik, hanya saja gitar elektrik memiliki beberapa hal khusus yang tidak akan Sahabat Master temukan pada gitar akustik. Maka dari itu sebaiknya sebelum Sahabat Master mempelajari gitar elektrik terlebih dahulu Sahabat Master harus sudah menguasai gitar akustik. Artikel ini merupakan artikel lanjutan dari: Kumpulan Cara Bermain Gitar Lengkap.

Belajar Gitar Elektrik Khusus Pemula

Cara Belajar Gitar Untuk Pemula


Memahami Bagian-Bagian Gitar


 Memahami Bagian-Bagian Gitar


Yang pertama perlu Sahabat Master perhatikan pada  cara bermain gitar untuk pemula yaitu bagian bagian gitar elektrik tersebut. Pada dasarnya sama saja dengan gitar akustik, namun pada gitar elektrik terdapat sebuah alat yang terdapat pada bodi gitar tepatnya bawah senar. Itu adalah pickup yang fungsinya menangkap suara dari senar yang dimainkan. Kemudian pada bawahnya terdapat knob yang berfungsi mengatur tone serta volume. Terdapat juga switch untuk memilih pickup mana yang akan diaktifkan. Untuk menghubungkan dengan kabel juga terdapat socket jack di bagian bawah gitar. Kemudian satu lagi yaitu bridge atau pada gitar akustik yaitu saddle (tempat meletakkan senar di bawah atau bodi), jika pada gitar elektrik biasanya terdapat berbagai macam bridge yang memiliki fitur fitur tersendiri.

Mengenal Prangkat Pendukung


 Mengenal Prangkat Pendukung gitar elektrik


Setelah paham tentang bagian bagian gitar. Untuk mempelajari cara bermain gitar untuk pemula selanjutnya yaitu Sahabat Master harus memahami perangkat pendukung gitar elektrik. Yang sangat dasar terdapat 2 alat pendukung yang lazim digunakan yaitu amplifier gitar dan efek.

Amplifier atau ampli gitar ini berfungsi untuk mengeluarkan suara yang tadi ditangkap oleh pickup. Pada ampli terdapat knob untuk mengatur volume, tone, gain, treble, bass , mid dan lain lain. Itu bisa Sahabat Master manfaatkan untuk membuat suara gitar Sahabat Master menjadi lebih berwarna.

 Mengenal Prangkat Pendukung gitar elektrik


Efek gitar mungkin Sahabat Master jarang melihatnya karena kebanyakan gitaris meletakkan efek di bawah dan menggunakan kakinya untuk menekan efek sehingga tidak terlihat dari jauh. Untuk efek ini biasanya yang paling banyak digunakan adalah jenis efek distorsi atau overdrive yang membuat suara gitar menjadi kotor atau dirty. Pada urutannya, efek terletak setelah gitar. Jadi gitar dihubungkan dengan kabel ke efek dan dari efek ke ampli. Ini sangat penting diketahui bagi Sahabat Master yang sedang belajar cara bermain gitar untuk pemula, karena Sahabat Master harus bisa melakukan setup terhadap gitar elektrik dan perangkat lainnya jika Sahabat Master sudah memiliki.

Memaksimalkan Semua yang Ada di Gitar


Memaksimalkan Semua yang Ada di Gitar


Pada gitar elektrik tak seperti gitar akustik, kita dapat memaksimalkan suara atau sound yang dihasilkan gitar dan mengubahnya sesuai kemauan atau karakter yang kita mau. Cara bermain gitar untuk pemula ini memang tidak hanya teknik bermain gitarnya saja, namun juga harus menguasai secara keseluruhan. Untuk memaksimalkan sound Sahabat Master dapat menggunakan knob di bodi gitar. Knob volume dapat digunakan untuk memperbesar atau memperkecil suara, sedangkan knob tone untuk mengatur warna suara yang ingin dihasilkan apakah lebih treble atau bass. Kemudian untuk switch pickup Sahabat Master dapat memilih pickup neck (atas), tengah (jika ada), atau pickup bridge (bawah). Untuk pickup neck suaranya lebih bass, sedangkan untuk pickup bridge lebih treble.

Teknik bermain gitar


 Teknik bermain gitar


Cara bermain gitar untuk pemula selanjutnya yaitu teknik yang digunakan dalam bermain gitar. Jika Sahabat Master berperan sebagai rhythm maka Sahabat Master harus memainkan chord atau kunci. Pada umumnya untuk gitar elektrik memiliki senar yang lebih dekat dengan fretboard sehingga Sahabat Master akan lebih mudah untuk menekannya. Jika Sahabat Master menggunakan efek distorsi maka akan lebih bagus suaranya jika Sahabat Master gunakan kunci gantung, untuk yang belum bisa silahkan baca Cara Bermain Kunci Gantung Gitar Dalam 3 Hari. Selain strumming, Sahabat Master juga bisa gunakan teknik fingerpicking atau petikan pada gitar elektrik, bagi yang belum bisa silahkan simak: Belajar Petikan Kunci Dasar Bermain Gitar Pemula.

Gunakan Pick


 Gunakan Pick


Tak seperti gitar akustik, pada gitar elektrik kita sebaiknya menggunakan pick gitar atau pemetik. Hal itu karena jika menggunakan pick maka suara yang dihasilkan akan lebih halus dan bersih tidak seperti ketika Sahabat Master menggunakan jari saja untuk gitar elektrik. Mungkin bagi Sahabat Master yang baru belajar cara bermain gitar untuk pemula pasti bertanya mengapa. Hal itu disebabkan karena ketika kita tidak menggunakan pick atau dengan jari saja, maka besar kemungkinan jari kita akan menempel pada senar lain ataupun senar yang baru saja Sahabat Master petik nah karena pickup di gitar tersebut sangat peka maka akan mengganggu suara. Selain itu juga karena senar gitar elektrik memang khusus dan berbeda dengan senar gitar akustik. Pada gitar elektrik senarnya lebih tipis sehingga tidak terlalu cocok jika tanpa menggunakan pick. Oleh karena itu usahakan untuk selalu menggunakan pick  dalam bermain gitar elektrik.

Itulah beberapa panduan dasar belajar gitar elektrik yang harus Sahabat Master ketahui. Setelah Sahabat Master menguasai beberapa hal diatas maka sudah saatnya Sahabat Master memiliki gitar elektrik dan perelengkapannya. Sampai disini dulu Belajar Gitar Elektrik Khusus Pemula. Selamat Berlatih!