Pelajaran Gitar yang Harus Dikuasai Pemula

Pelajaran Gitar yang Harus Dikuasai Pemula - Banyak sekali para pemula yang mengalami kendala saat belajar gitar, tidak terkecuali untuk belajar dasar-dasar bermain gitar. Bila Sahabat Master baru mengenal gitar, maka artikel ini sangat cocok untuk Sahabat Master, karena dalam artikel ini akan dijelaskan pelajaran dasar bermain gitar yang akan mempermudah proses belajar Sahabat Master. Dalam artikel sebelumnya Mister juga sudah membagikan Panduan Lengkap Belajar Bermain Gitar.


Belajar Gitar Dasar


Not tunggal


Sebelum Sahabat Master mulai belajar gitar dasar tentang chord gitar, penting bagi Sahabat Master untuk belajar bagaimana untuk bermain not tunggal. Hal ini karena chord tersusun atas setidaknya tiga not tunggal yang dimainkan secara bersamaan. Mister sarankan Sahabat Master untuk membiasakan diri dengan gitar, dan kemudian menguasai posisi jari pada neck gitar. Belajar gitar untuk pemula yang tepat yaitu dengan terus berlatih sampai Sahabat Master bisa memainkan setiap not tunggal dengan tepat dan sempurna. Dengan begitu, maka akan lebih mudah bagi Sahabat Master untuk maju dan melanjutkan ke langkah berikutnya.

Belajar chord gitar dari grafik kunci gitar


 Belajar chord gitar dari grafik kunci gitar


Belajar gitar bagi pemula Mister sarankan untuk mulai dengan belajar 3 chord dasar yang semua diposisikan pada 4 fret pertama di fingerboard gitar. Bagi pemula, belajar gitar dasar khususnya kunci gitar dengan menggunakan grafik sangat cocok untuk pemula karena Sahabat Master hanya perlu meniru gambar yang ada pada grafik. Untuk gambar chord gitar Sahabat Master dapat melihatnya di Gambar Berbagai Chord Gitar Lengkap Bagi Pemula.

Mempraktekkan chord dengan 3 jari


Setelah Sahabat Master memiliki gambar kunci gitar maka saatnya Sahabat Master untuk mempraktekkan apa yang ada pada gambar tersebut. Dalam belajar gitar dasar ini contohnya, Menempatkan jari 1 (telunjuk) pada senar  3 fret 2 dan jari 2 (jari tengah) pada senar 1 fret 2. Kemudian jari 3 (jari manis) pada senar 2 di 3 fret. Dengan memetik 4 senar pertama ini adalah  Chord “D”.

Jari 1 pada senar 3 di fret 2, kemudian jari 2 dan 3 masing masing paa senar  4 dan 2, semua berada pada pada 2 fret. Dengan memetik 5 senar pertama, Sahabat Master sekarang bermain kunci “A”. Sahabat Master bisa melihat gambar atau grafik chord gitar lengkap ini pada link yang telah Mister berikan tadi untuk belajar gitar bagi pemula.

Sekarang dengan jari 1 pada senar 3 fret 1, selanjutnya jari 2 dan 3 masing masing pada senar 5 dan 4 di 2 fret semua. Sahabat Master dapat memetik keenam senar , maka Sahabat Master sedang bermain chord gitar”E”. Itu contoh beberapa chord yang menggunakan 3 jari Sahabat Master sebagai pembentuknya, masih banyak chord lain yang menggunakan 3 jari dan mudah misalnya C atupun G. Belajar gitar dasar untuk pemula ini dapat Sahabat Master gunakan untuk berlatih membentuk chord menggunakan jari.

Bagaimana sebuah chord terbentuk


Mengetahui bagaimana suatu chord bisa terbentuk penting sebagai belajar gitar untuk pemula. Seperti yang Mister sebutkan sebelumnya, chord terdiri dari setidaknya tiga not tunggal yang dimainkan secara bersamaan. Secara umum, chord gitar dasar mengandung tiga not berbeda. Not tersebut adalah not ke satu, ketiga dan kelima pada setiap root  (do, re, mi, fa, sol, la, si , do yang dimulai dengan do = kunci tersebut). Misalnya, chord C Mayor terdiri dari nada C (pertama), E (ketiga) dan G (kelima), itu berasal dari solmilasi dari do=C (C D E F G A A B c). Not akan berbeda jika itu chord C minor, itu karena C minor memiliki skala yang sedikit berbeda dari skala C mayor. Sahabat Master bisa mempelajari belajar gitar dasar ini lebih lengkap pada Macam Macam Kunci Gitar Mayor, Minor, Augmented, Diminished.



Selain itu, Sahabat Master juga harus mencatat bahwa ada cara yang berbeda untuk bermain chord, variasi ini disebut inversi. Inversi berfungsi untuk menambahkan suatu elemen dan memperkaya sebuah lagu. Sahabat Master bisa mempelajari lebih banyak tentang inverse ketika Sahabat Master sudah menguasai bagaimana kunci gitar itu terbentuk. Teknik ini belum akan Mister bahas pada artikel ini karena hal itu bukanlah teknik belajar gitar dasar.  Mister akan membahasnya pada artikel belajar gitar untuk pemula yang selanjutnya.

Practice make perfect




Selayaknya ilmu-ilmu yang lain, pada belajar gitar untuk pemula ini khususnya belajar gitar dasar, kata kata practicemake perfect itu sangat benar sekali. Untuk awal belajar gitar, Sahabat Master tidak harus belajar semua chord gitar sekaligus. Belajar pasti membutuhkan waktu, jadi jangan siksa otak Sahabat Master dengan menghafal semua chord gitar sekaligus. Untuk mengatasinya Sahabat Master dapat belajar sedikit demi sedikit chord dan kemudian langsung Sahabat Master gunakan untuk praktek bermain. Misalnya pada hari ini Sahabat Master belajar 2 chord, maka Sahabat Master dapat berlatih bermain gitar menggunakan 2 chord tersebut. Kemudian hari selanjutnya Sahabat Master belajar 2 chord lagi, maka Sahabat Master bisa berlatih 2 chord yang baru Sahabat Master pelajari beserta 2 chord lagi yang kemarin sudah Sahabat Master pelajari. Dengan cara ini akan membuat Sahabat Master lebih mudah dalam menghafal dan tentunya tidak menyiksa pikiran Sahabat Master.

Semoga sekarang Sahabat Master lebih memahami cara bermain gitar. Jangan terfokus hanya pada menghafal saja, tetapi buatlah proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Sekian, Pelajaran Gitar yang Harus Dikuasai Pemula. Selamat Berlatih!