Cara Melakukan Senam Jari Agar Cepat Mahir Bermain Gitar

Cara Melakukan Senam Jari Agar Cepat Mahir Bermain Gitar - Melakukan latihan senam jari dapat membantu mempercepat Sahabat Master menguasai alat musik gitar. Tetapi banyak pemula yang menganggap remeh latihan senam jari ini, kebanyakan dari mereka lebih tertarik untuk mempelajari teknik yang sama sekali asing untuk mereka. Padahal jari belum terbiasa dengan teknik itu dan otot-otonya pun belum kuat untuk melakukan teknik yang demikian. Karenanya bila Sahabat Master ingin cepat belajar bermain gitar maka latihan jari bisa Sahabat Master lakukan untuk semakin menambah kekuatan otot-otot jari sehingga bila dilatih melakukan teknik teknik tertentu, jari Sahabat Master mampu dengan mudah melakukannya. Sahabat Master perlu membuat jari-jari Sahabat Master fleksibel, dalam artikel yang Mister buat kali ini akan dibahas secara lengkap. Untuk Sahabat Master yang mencari sebuah panduan gitar lengkap dari awal sampai akhir bisa dilihat dalam: Cara Belajar Gitar Lengkap Terpadu.

Cara Melakukan Senam Jari Agar Cepat Mahir Bermain Gitar

Latihan yang sangat dasar ini akan membantu Sahabat Master mengembangkan sedikit kekuatan dan kemandirian pada jari-jari Sahabat Master, dan tentunya membantu cara cepat bermain gitar bagi Sahabat Master. Meskipun latihan seperti ini mungkin sedikit membosankan, namun ini mampu membantu Sahabat Master mengembangkan keterampilan fisik Sahabat Master menjadi lebih cepat dan akan memudahkan dalam memainkan lagu-lagu sehingga menjadi lebih baik.

Cara Belajar Bermain Gitar


Latihan ini juga cukup sederhana, Sahabat Master cukup meletakkan jari Sahabat Master pada suatu fret, dimulai dengan jari pertama Sahabat Master (jari telunjuk) sambil memetik senar tersebut, kemudian lanjut ke fret lain menggunakan jari kedua (jari tengah) dan memetiknya, selanjutnya menggunakan jari ketiga (jari manis) untuk menekan senar pada fret tertentu kemudian memetiknya dan terakhir menggunakan jari keempat (kelingking) pada fret tertentu dan memainkannya, kemudian Sahabat Master dapat membaliknya dari jari 4 – jari 1. Untuk pemula sebaiknya gunakan pola berikut ini untuk berlatih cara cepat bermain gitar:

Cara Melakukan Senam Jari Agar Cepat Mahir Bermain Gitar


Untuk yang belum bisa membaca tab seperti gambar diatas silahkan simak dulu di Cara Membaca Tab Gitar Untuk Pemula, setelah melakukan senam jari dengan pola atau pattern diatas kemudian lanjutkan dengan melakukan senam jari menggunakan chord langsung. Sahabat Master bisa memainkan chord A-G secara urut dan ulangi lagi memainkannya secara acak sampai semua Sahabat Master merasa lancar, saat melakukan senam jari perhatikan hal berikut dalam melakukannya:

• Tahan jari Sahabat Master pada fret. Bila Sahabat Master tidak menggunakan jari kelingking, pastikan bahwa semua jari-jari Sahabat Master masih menekan di frets yang benar. Hal inilah yang membantu Sahabat Master mengembangkan peregangan antara jari-jari dan membuat jari-jari tersebut menjadi lebih lincah. Menahan jari tersebut tetap dalam keadaan yang benar pada senar membutuhkan kerja otot sehingga membuat jari-jari Sahabat Master lebih kuat. Ini adalah cara cepat bermain gitar yang cukup efektif.

• Gunakan ujung jari Sahabat Master. Pastikan bahwa yang menekan senar adalah ujung jari Sahabat Master. Hal ini membantu Sahabat Master mengembangkan teknik yang benar dan hal ini juga menguatkan ujung jari Sahabat Master.

Untuk orang dengan jari berukuran kecil, memang diperlukan usaha untuk menjaga jari kelingking Sahabat Master di ujung tanpa menyentuh senar lain ketika jari yang lain bermain senar di atas. Memang dibutuhkan sedikit usaha dari Sahabat Master daripada orang yang memiliki jari berukuran besar. Jangan terburu-buru menyerah jika Sahabat Master tidak bisa melakukan itu dengan segera, itu hanya membutuhkan sedikit waktu dan kerja untuk bisa menguasai cara cepat main gitar.

• Jangan terlalu terpaku pada senar yang tidak ikut dipetik. Kebanyakan pemula terlalu membingungkan untuk mematikan senar yang tidak ikut dipetik (pada gambar chord gitar terdapat tanda X) Kadang mereka mengutamakan untuk menyentuh senar tersebut supaya tidak berbunyi sehingga mengganggu jari lain yang digunakan untuk menekan senar. Untuk pemula yang baru belajar cara cepat bermain gitar, Mister sarankan tidak melakukan hal itu, yang harus Sahabat Master lakukan adalah pada jari yang Sahabat Master gunakan untuk strumming sebaiknya pintar pintar dalam memilih senar, jadi Sahabat Master lebih fokus pada senar yang ditekan. Ini karena kebanyakan pemula tidak fokus pada senar yang seharusnya dimainkan.

• Lima menit per hari sudah cukup untuk berlatih cara cepat bermain gitar.  Sebaiknya Sahabat Master jangan terlalu lama melakukan praktek ini atau jari jari Sahabat Master akan tersiksa. Lima menit setiap sesi latihan sudah cukup untuk memberi sedikit latihan pada jari jari tanpa membuat otot jari menjadi tegang.

Cara Melakukan Senam Jari Agar Cepat Mahir Bermain Gitar


• Posisi yang paling santai. Jika Sahabat Master harus mengubah lengan dan pergelangan tangan ke dalam segala macam posisi untuk mendapatkan posisi yang paling santai, namun tetap dalam posisi yang benar
untuk bermain gitar seperti yang sudah Mister bahas pada Tips Belajar Gitar Untuk Penempatan dan Posisi, sebaiknya Sahabat Master melakukan itu supaya Sahabat Master mendapatkan posisi paling nyaman. Bagian dari latihan cara cepat bermain gitar adalah belajar bagaimana memposisikan tubuh Sahabat Master senyaman mungkin untuk bisa dengan mudah memainkan chord chord gitar. Setiap orang mungkin berbeda sehingga kita harus menemukan cara kita sendiri di sini.

Saat melakukan teknik latihan ini sebaiknya Sahabat Master berhati hati dan jangan sampai menyakiti diri sendiri. Buatlah semua menjadi mudah, santai dan lakukanlah dengan nyaman, sehingga Sahabat Master akan menguasai cara cepat bermain gitar dalam waktu singkat. latihan ini mungkin terlihat sederhana tetapi sebenarnya memberikan manfaat yang luar biasa untuk peningkatakan skill bermain gitar Sahabat Master. Sekian dulu untuk share kali ini mengenai Cara Melakukan Senam Jari Agar Cepat Mahir Bermain Gitar. Selamat Berlatih!