Belajar Scale untuk Bermain Melodi Gitar

Belajar Scale untuk Bermain Melodi Gitar - Belajar bermain melodi gitar merupakan tahap yang harus dilalui saat belajar melodi gitar, Bila sebelumnya Sahabat Master sudah belajar teknik dasar bermain gitar melodi dalam Belajar Melodi Gitar 5 Teknik Dasar yang Wajib Bisa maka sekarang Sahabat Master sudah waktunya untuk belajar ke tahap selanjutnya. Bermain melodi gitar lebih dari hanya belajar pola atau pattern dalam tab gitar. Tetapi dalam bermain melodi ini kita dituntut bisa membuat suasana jadi lebih terasa realistis dari melodi melodi yang Sahabat Master mainkan, mungkin Sahabat Master bisa membuatnya menjadi lebih tegang, menjadi suasana sedih ataupun yang lainnya.

Sebagian besar orang hanya melihat orang lain bermain gitar, lalu kemudian memutuskan untuk belajar bermain gitar juga, dan mungkin mereka memulai belajar dari chord gitar, kemudian memetik sederhana, dan bermain tab lagu yang Sahabat Master sukai. Ini adalah hal yang umum dilakukan banyak pemula yang belajar gitar. Setelah itu, mungkin Sahabat Master berpikir untuk belajar cara bermain melodi gitar seperti yang akan Mister bahas ini. Memang membutuhkan banyak waktu untuk bisa menguasai teknik teknik serta hal lainnya dalam belajar melodi gitar, itu juga hal yang sama setiap orang rasakan ketika belajar bermain melodi. Namun dengan tetap berlatih akan membuat Sahabat Master semakin menguasainya.

Belajar Scale untuk Bermain Melodi Gitar

Jika Sahabat Master merasakan hal yang sama, maka artikel ini mungkin bisa membantu. Jika Sahabat Master ingin belajar lead gitar atau melodi gitar, sangat penting bahwa Sahabat Master harus memulai mempelajari teori dan teknik yang digunakan.

Cara Mudah Bermain Melodi Gitar


Not/Nada


Mister akan mulai dengan not atau nada yang ada pada gitar. Untuk lebih mudahnya, maka Mister akan menggunakan alat musik keyboard untuk membantu Sahabat Master memahami menjadi lebih mudah. Hal itu karena pada keyboard terdapat tombol tombol berurutan dari nada rendah ke tinggi yang dapat kita gunakan untuk memudahkan pemahaman dalam cara bermain melodi gitar dasar ini khususnya belajar scale dasar.

Pada sebuah keyboard terdapat tombol yang sangat banyak, namun diantara banyak tombol tersebut sebenarnya hanya terdiri dari 7 nada natural (do re mi fa sol la si do) namun diulang ulang sehingga ada beberapa tombol yang memiliki nada sama hanya oktafnya yang berbeda. Jarak antar oktaf ini yaitu 12 dari semua tombol putih dan hitam dari nada DO. Sahabat Master bisa mendapatkan berbagai variasi nada dengan menentukan nada dasarnya. Misalnya yaitu kita menggunakan nada dasar C mayor.

scale melodi gitar


Nada dalam kunci C mayor: C-D-E-F-G-A-B-C
Nada dalam kunci A minor: A-B-C-D-E-F-G-A

Untuk mengetahui apa saja not pada sebuah scale maka Sahabat Master harus mengetahui interval atau jarak setiap notnya. Berikut ini interval nada untuk scale diatonic:

Mayor :  1 – 1 – ½- 1 – 1 – 1 – ½
Minor :  1 – ½ – 1 – 1 – ½ – 1 – 1

Scale


Nah sekarang kita akan mempelajari scale untuk bermain sebuah melodi gitar. Ini adalah hal dasar selanjutnya untuk belajar cara bermain melodi gitar. Bagi pemula sebaiknya belajar scale yang paling dasar misalnya scale diatonic C mayor (CDEFGABC) dan untuk scale A minor (ABCDEFGA). Sekarang Sahabat Master perlu menerapkannya pada fretboard gitar Sahabat Master, Sahabat Master harus membuat do re mi fa sol la si do dari nada do=C pada fretboard gitar Sahabat Master untuk scale C mayor. Tentu akan sangat banyak dihasilkan not dan nada, walaupun sebenarnya hanya ada 7, yang lainnya berbeda oktaf. Nah itulah yang dinamakan scale, Sahabat Master perlu menghafalkan itu semua untuk bisa memainkan sebuah melodi yang menyatu dengan rhythm. Ini memang cukup berat untuk yang sedang mempelajari cara bermain melodi gitar.

Sebagai Contoh


Scale C Mayor

Scale A Minor

Scale B Minor

Titik titik tersebut berdasarkan yang sudah Sahabat Master tentukan sebelumnya misalnya pada scale C major maka nadanya yaitu  (CDEFGABC).

Penggunaan Scale


Yang terakhir adalah penggunaan scale dalam permainan melodi gitar. Bagi Sahabat Master yang sedang belajar cara bermain melodi gitar, memang scale ini menjadi hal yang menakutkan karena sedikit susah untuk dihafalkan. Namun itu adalah sebuah keharusan, jadi Sahabat Master wajib untuk menghafal setidaknya sebuah scale. Penggunaan scale itu sendiri yaitu untuk membantu Sahabat Master membuat dan menyusun sebuah melodi gitar dari not not tertentu dan suara yang dihasilkan itu menyatu dengan rhythm yang dimainkan misalnya orang lain. Misalnya ketika teman Sahabat Master memainkan rhythm yang menggunakan nada dasar C= do, maka Sahabat Master bisa menggunakan scale C mayor tersebut untuk bermain bersama teman Sahabat Master tersebut. Tanpa adanya scale, maka nada yang Sahabat Master petik tidak akan masuk dengan rhythm yang dimainkan sehingga terdengar fals.

Saran dari Mister untuk berlatih scale ini sebaiknya Sahabat Master lakukan terus setiap hari untuk menerapkan scale yang sudah Sahabat Master hafal. Jika sudah hafal sebuah scale, maka Sahabat Master harus mempelajari scale lainnya. Sebelum Mister akhiri artikel ini bagi Sahabat Master yang hendak membeli gitar yamaha apx 500 silahkan baca artikelnya disini Harga Gitar Yamaha APX 500 dan Review. Mungkin sekian dulu tentang Belajar Scale untuk Bermain Melodi Gitar . Selamat Berlatih!