5 Teknik Dasar Bermain Melodi Gitar Wajib Dikuasai

5 Teknik Dasar Bermain Melodi Gitar Wajib Dikuasai - Belajar bermain melodi gitar merupakan teknik lanjutan dari belajar bermain gitar, setelah Sahabat Master menguasai teknik-teknik dasar bermain gitar seperti strumming misalnya, fingerpicking maupun teknik lainnya. Bermain melodi gitar merupakan lanjutan dari tahapan diatas. Sama seperti saat Sahabat Master belajar bermain gitar, bermain melodi gitar ini juga dapat Sahabat Master pelajari secara otodidak. Sebelum Sahabat Master melanjutkan membaca artikel ini, bagi Sahabat Master yang ingin belajar gitar silahkan lihat di Panduan Prinsip Belajar Gitar Untuk Pemula.

5 Teknik Dasar Bermain Melodi Gitar Wajib Dikuasai

Kebanyakan orang yang melihat orang lain bermain melodi gitar, kadang mereka memutuskan bahwa mereka ingin belajar bermain juga. Untuk memulai belajar melodi gitar, Sahabat Master bisa awali dengan belajar rhythm (sudah Sahabat Master kuasai), picking sederhana, dan memainkan tab lagu yang Sahabat Master sukai. Jika Sahabat Master berhasil melewati tahap ini, maka Sahabat Master sudah menguasai dasar dasar untuk bermain melodi gitar pemula. Setelah itu, Sahabat Master bisa meningkatkan permainan dan membuat nada nada yang dihasilkan dari melodi tersebut lebih bervariasi yaitu dengan menggunakan teknik teknik dalam melodi gitar misalnya melempar hammer on, pull off, dan slide ke permainan melodi gitar Sahabat Master.

Nah teknik tersebut yang akan kita bahas pada artikel ini. Dalam permainan sebuah melodi gitar, pada umumnya menggunakan teknik tersebut. Selain itu, pada tab gitar juga terdapat simbol simbol khusus untuk menggunakan teknik teknik itu, lebih lengkapnya silahkan klik Cara Membaca Tab Gitar Untuk Pemula.

Belajar Teknik Melodi Bermain Gitar:


Hammer On


Hammer on adalah salah satu teknik yang harus Sahabat Master kuasai pertama dalam belajar melodi gitar, teknik ini yaitu menghubungkan dua not atau lebih dalam waktu yang cepat, atau lebih mudahnya Sahabat Master memainkan sebuah not selanjutnya pada senar yang sama memainkan not lainnya tanpa memetiknya lagi sehingga jari yang Sahabat Master gunakan untuk menekan tersebut harus cepat dalam menekan sebelum senar berhenti. Hammer on dilambangkan dengan huruf “h” pada tab, sebagai contoh latihan gunakan tab berikut:

 Hammer On


Untuk belajar melodi gitar tab diatas adalah contoh menggunakan teknik hammer on. Pertama petiklah senar 1 terbuka dengan cukup kuat untuk menghasilkan bunyi yang tahan lama, dengan cepat pukulkan jari telunjuk Sahabat Master ke senar 1 fret 3. Nah sampai disini Sahabat Master sudah bisa menghasilkan dua nada dengan sekali petik. Kuasai terlebih dahulu untuk bermain dengan 2 nada, setelah itu baru Sahabat Master bisa belajar untuk 3 nada. Setelah Sahabat Master memukul dengan jari ke fret 3 sekarang dengan cepat lagi pukulkan jari tengah Sahabat Master ke fret 5. Dengan sekali petik Sahabat Master bisa menghasilkan 3 nada sekaligus.

Pull off


Teknik pull off ini kebalikan dari teknik hammer on yang sudah Mister berikan pada belajar melodi gitar di atas. Sahabat Master sudah tahu bahwa pada teknik hammer on, kita membunyikan nada dari fret atas ke fret bawahnya dengan sekali petik. Nah untuk pull off ini kebalikannya, Sahabat Master membunyikan beberapa nada dari fret bawah ke atasnya dengan sekali petik. Sebagai contoh untuk belajar melodi gitar, gunakan tab berikut ini:

 Pull off


Sahabat Master perlu menempatkan jari tengah di senar 1 fret 7 dan jari telunjuk di fret 5, kemudian memetiknya, dengan cepat angkat jari tengah Sahabat Master sehingga dapat menghasilkan dua nada dalam sekali petik. Untuk senar lainnya juga dapat Sahabat Master lakukan dengan cara yang sama.
Slide

Slide dilakukan dengan memilih sebuah not dan kemudian geser jari yang tersebut ke fret yang lain dalam senar yang sama tanpa mengangkat jari , sehingga jari masih tetap menempel pada senar ketika mengubah posisi. Slide ini juga terbagi menjadi dua yaitu slide kebawah lambangnya “” dan slide keatas lambangnya “/”. Berikut ini tab belajar melodi gitar untuk teknik slide:

slide


Pertama Sahabat Master bisa memetik senar 1 fret 7 dengan jari tengah kemudian slide atau seret ke atas sampai fret 5. Untuk slide kebawah, setelah melakukan pola tadi maka tempatkan jari telunjuk pada senar 2 fret 5 , petik dan seret jari sampai ke senar 7.
Vibrato

Vibrato ini memang sama dengan teknik yang digunakan penyanyi untuk menyanyikan nada yang panjang. Teknik Ini dilakukan dengan bermain sebuah not dan kemudian menggetarkan senar tersebut keatas bawah sehingga dihasilkan suara yang bergetar halus. Teknik ini akan lebih mudah dilakukan pada gitar elektrik karena senarnya yang tidak terlalu tebal. Lebih mudahnya mari kita lihat gambar untuk belajar melodi gitar vibrato, Mister rasa tidak perlu menggunakan tab karena dalam teknik ini hanya menggunakan sebuah nada dan itu bisa Sahabat Master latih sendiri .

Vibrato


Setelah Sahabat Master menempatkan jari pada sebuah senar, maka selanjutnya Sahabat Master perlu memetik senar tersebut dengan cukup kuat sehingga nadanya keras dan lama. Kemudian getarkan jari yang Sahabat Master gunakan untuk menekan tersebut ke atas bawah dengan tetap menjaganya berada pada senar dan senar tetap berbunyi. Lakukan dengan mengulangi getaran tersebut ke atas-bawah sampai ketukan tertentu dan akan dihasilkan sebuah bunyi yang bergetar.
Bending

Jika Sahabat Master sudah bisa meminkan teknik vibrato pada belajar melodi gitar di atas maka Sahabat Master pasti bisa memainkan teknik bending ini. Bending adalah teknik yang hampir sama dengan vibrato, namun bedanya jika vibrato kita menggetarkan senar keatas dan kebawah, pada teknik bending ini kita hanya perlu mendorong senar ke atas saja sehingga dihasilkan nada yang lebih tinggi dengan suara yang melengking.

Vibrato


Teknik ini cukup mudah untuk dilakukan, Mister memiliki trik untuk teknik bending ini. Triknya yaitu, jika Sahabat Master memainkan sebuah nada tunggal dan akan melakukan bending usahakan Sahabat Master menekannya dengan jari manis (jari 3) dan jari tengah (jari2) sehingga senar tersebut ditekan oleh 2 jari. Dengan catatan, jari 3 lah yang berada pada fret dimana nada akan Sahabat Master mainkan dan jari 2 dibelakangnya sehingga dapat dikatakan untuk mengcover dan memperkuat jari 3. Setelah memetiknya, lakukan bending dengan 2 jari tersebut. Menggunakan 2 jari akan membuat jari Sahabat Master melakukan bending lebih kuat daripada jika hanya 1 jari saja. Bahkan Sahabat Master bisa menambahkan jari telunjuk lagi dibelakang jari tengah sehingga menjadi 3 jari. Trik ini cukup efektif untuk belajar melodi gitar bagi pemula. Jika kurang jelas lihatlah gambar di atas, pada gambar tersebut dia menggunakan 3 jari untuk membending senar.

Nah untuk belajar semua trik di atas Sahabat Master bisa memainkan tab berikut ini :

Mister rasa teknik-teknik diatas sudah cukup untuk membantu Sahabat Master yang baru belajar gitar tahap awal. Teknik seperti itu banyak digunakan dalam bermain gitar melodi. Sahabat Master bisa memanfaatkan tab diatas sebagai bahan latihan, bila tab diatas sudah Sahabat Master kuasai maka Sahabat Master bisa mencari tab lain di internet ataupun solo gitar dari lagu yang Sahabat Master suka. Demikianlah 5 Teknik Dasar Bermain Melodi Gitar Wajib Dikuasai. Selamat Berlatih