Prinsip dan Panduan Lengkap Belajar Bermain Gitar Pemula

Prinsip dan Panduan Lengkap Belajar Bermain Gitar Pemula - Menguasai prinsip dan panduan bermain gitar pemula dapat menjadi dasar untuk Sahabat Master dalam belajar memainkan gitar sehingga Sahabat Master bisa menguasai alat yang umumnya ber senar 6 ini. Kita tidak hanya akan belajar mengenai cara dan tekniknya saja, tetapi juga dari hal lain seperti yang akan Mister bahas dalam artikel ini. Berdasarkan pengalaman pribadi dalam belajar bermain gitar, Mister telah menyimpulkan beberapa prinsip dan filosofi tentang cara terbaik untuk berlatih bermain gitar. Pada kesempatan yang lain juga Mister sudah menulis mengenai Cara Mudah Bermain Petikan Gitar Pemula Langsung Bisa. Berikut ini adalah cara dan panduan praktis bermain gitar serta prinsipnya yang perlu Sahabat Master tahu.

Prinsip dan Panduan Lengkap Belajar Bermain Gitar Pemula

Tutorial Belajar Gitar


Pelajarilah Lagu dan Teknik yang Baru


Berlatih lagu yang Sahabat Master sudah bisa dan Sahabat Master ulangi terus menerus memang sangat menyenangkan karena mudah, tetapi itu hal itu tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan Sahabat Master dalam bermain gitar. Oleh karena itu panduan belajar gitar yang pertama ini, Sahabat Master harus belajar lagu dan teknik yang baru setelah bisa menguasai yang sebelumnya, dengan hal itu maka Sahabat Master akan lebih tertantang dan otomatis kemampuan atau skill bermain gitar Sahabat Master juga meningkat.

Rekamlah Permainan Gitar Sahabat Master


 Rekamlah Permainan Gitar Sahabat Master


Untuk melakukan panduan belajar gitar yang kedua ini memang diperlukan sebuah alat perekam misalnya handphone. Dengan merekam permainan gitar Sahabat Master, maka itu akan sangat bermanfaat bagi Sahabat Master yang sedang belajar cara bermain gitar. Sahabat Master akan mengetahui bagaimana permainan gitar yang sudah Sahabat Master kuasai, kemudian Sahabat Master juga akan mengetahui kekurangan dalam permainan tersebut sehingga pada latihan selanjutnya Sahabat Master bisa memperbaikinya. Dengan mengetahui kekurangan tersebut, maka latihan selanjutnya akan menjadi lebih efektif.

Pelajarilah lagu-lagu dan chrod-chord yang bervariasi


Pilih lagu yang benar-benar Sahabat Master suka dan pastikan lagu tersebut menggunakan banyak kunci gitar. Hal ini akan membantu Sahabat Master menguasai chord baru dan memungkinkan Sahabat Master untuk bermain lagu lebih sempurna. Panduan belajar gitar ini bahkan lebih baik lagi jika chord yang digunakan pada lagu tersebut adalah chord yang susah dan Sahabat Master belum menguasai dengan sempurna. Untuk mengetahui chord gitarnya, Sahabat Master bisa mencarinya di internet.

Berlatih dengan metronome


 Berlatih dengan metronome


Bagi pemula, menggunakan metronome akan sangat berpengaruh dan juga meningkatkan kualitas permainan gitarnya. Metronome akan memberikan sebuah tempo dan ketukan yang akan membimbing seorang yang sedang bermain gitar sehingga temponya selalu tepat dan konsisten. Metronome ini juga dapat Sahabat Master gunakan sebelum Sahabat Master berlatih dengan band yang menggunakan drum. Kebanyakan pemula mengabaikan tempo pada permainan gitarnya sehingga dia bermain dengan kecepatan seenaknya saja. Memang tidak masalah jika dia bermain sendiri, namun jika dia mengiringi seoarng penyanyi atau bermain bersama orang lain itu akan sangat merusak permainan. Oleh karena itu Sahabat Master perlu pertimbangkan panduan belajar gitar dengan metronome. Untuk lebih lengkapnya tentang metronome, silahkan kunjungi artikel Trik Belajar Chord Dasar Gitar Cepat Langsung Bisa .

5 Menit setiap hari lebih baik dari pada 2 jam setiap minggu


Ketika Sahabat Master berlatih entah itu gitar atau apapun, otak Sahabat Master akan selalu membentuk ingatan tentang apa yang Sahabat Master pelajari. Dengan Sahabat Master terbiasa melakukannya, maka otak juga akan semakin terbiasa dan semakin lama maka akan otomatis hafal diluar kepala. Ini yang terjadi setiap kali Sahabat Master berlatih gitar. Ketika Sahabat Master berlatih setiap hari atau sering, maka otak Sahabat Master juga akan semakin terbiasa dengan chord ataupun pola pola tertentu dan otak secara otomatis sudah menghafalnya. Berbeda jika Sahabat Master hanya belajar seminggu sekali, meskipun dalam durasi yang lama, belajar dengan cara itu tidak se efektif cara yang pertama tadi. Oleh karena itu dalam panduan belajar gitar ini dapat disimpulkan bahwa lebih baik untuk berlatih setiap hari walaupun durasinya sedikit, daripada belajar setiap minggu sekali walaupun dengan durasi yang lama.

Saat Sahabat Master sedang berlatih bermain gitar, selalu ingat dan perhatikan prinsip prinsip diatas. Dengan menerapkan tips diatas maka proses belajar Sahabat Master akan lebih efektif dan lebih cepat bisa. Sampai disini dulu artikel tentang Prinsip dan Panduan Lengkap Belajar Bermain Gitar Pemula. Selamat Berlatih!