Kunci Sukses Belajar Melodi Gitar untuk Pemula

Kunci Sukses Belajar Melodi Gitar untuk Pemula - Kunci melodi gitar memanglah sangat diperlukan untuk seorang pemula yang mulai belajar bermain melodi gitar. Belajar bersolo gitar memang cukup menantang karena Sahabat Master akan dituntut untuk selalu meningkatkan skill bermain gitar Sahabat Master. Ini memang bukan hal yang mudah dan akan banyak menghabiskan waktu Sahabat Master. Sebelum Mister bagikan kunci bermain melodi gitar, mungkin Sahabat Master juga mau melihat artikel sebelumnya tentang Cara Bermain Melodi Gitar Dengan Belajar Scale , silahkan baca jika ingin mempelajari. Berikut adalah beberapa tips dan kunci yang akan membantu Sahabat Master untuk bisa dengan lancar bermain melodi gitar.

Kunci Sukses Belajar Melodi Gitar untuk Pemula

Kunci Melodi Gitar


1.Tahu Tempo dan Menguasainya


metronome gitar


Kunci melodi gitar yang pertama yaitu tempo. Seperti ketika Sahabat Master belajar bernyanyi, bermain gitar, bermain drum ataupun alat musik lainnya. Tempo adalah hal yang sangat penting ketika memainkannya. Hal itu karena tempo berpengaruh terhadap kecepatan musik yang Sahabat Master mainkan. Memang tidak masalah jika Sahabat Master hanya bermain seorang diri, namun bagaimana jika Sahabat Master bermain bersama teman lainnya yang mengiringi permainan melodi gitar Sahabat Master ? pasti mereka akan terlalu susah mengiringi jika Sahabat Master buta akan tempo. Oleh karena itu sangat penting untuk melatih tempo dalam bermain melodi. Sahabat Master bisa menggunakan metronome aplikasi android ataupun aplikasi pc yang dapat Sahabat Master install untuk membantu Sahabat Master belajar melodi. Setelah Sahabat Master terbiasa berlatih tempo, maka dengan sendirinya otak Sahabat Master akan otomatis membuat tempo sendiri jadi tidak diperlukan lagi metronome.

2.Awali dengan pelan


Ini adalah salah satu aspek yang sering diabaikan pemula. Kunci bermain melodi gitar yaitu jangan terburu-buru untuk mencoba bermain dengan kecepatan penuh, terutama jika Sahabat Master masih belajar bagaimana memainkannya. Selalu awali proses belajar dengan tempo yang lambat atau pelan, setelah Sahabat Master bisa menguasai dengan tempo lambat, maka naikkan lagi tempo kemudian secara bertahap Sahabat Master menaikkan temponya sehingga tercapai kecepatan penuh dengan mudah. Seperti yang sudah Mister bahas pada kunci melodi gitar diatas, metronome adalah hal yang sangat membantu Sahabat Master untuk belajar bermain melodi gitar.

3.Belajar teknik secara bertahap


Kunci melodi gitar yang selanjutnya yaitu dalam belajar Sahabat Master harus secara bertahap. Bertahap dalam artian, pertama Sahabat Master belajar teknik yang mudah , kemudian setelah Sahabat Master belajar teknik yang mudah tersebut, maka tingkatkan lagi ke teknik yang lebih susah, dan hal itu terus berlanjut sampai teknik yang Sahabat Master inginkan. Tidak akan efektif jika Sahabat Master belajar langsung teknik yang sulit tanpa belajar teknik teknik yang mudah terlebih dahulu karena Sahabat Master akan mengalami kesulitan nantinya. Untuk belajar teknik dasar bermain melodi gitar dapat Sahabat Master baca di Belajar Melodi Gitar 5 Teknik Dasar yang Wajib Bisa.

4.Kuasai scale untuk bisa menciptakan sebuah melodi


Scale adalah hal yang lazim dalam permainan solo gitar, scale ini membantu kita dalam menentukan senar mana yang harus ditekan supaya melodi yang Sahabat Master mainkan tetap serasi dengan iringannya. Kunci melodi gitar yang ini sangat bermanfaat bagi Sahabat Master yang ingin bisa membuat solo gitar sendiri, Sahabat Master hanya perlu berkreasi untuk bisa membuat improvisasi yang menarik. Untuk pembahasan lengkapnya sudah Mister bahas pada artikel sebelumnya yang linknya sudah Mister cantumkan pada paragraf pertama tadi.

5. Jamming itu penting


jamming


Kunci melodi gitar yang terakhir adalah pentingnya jamming untuk meningkatkan permainan solo gitar Sahabat Master. Jamming adalah bermain bersama mungkin teman Sahabat Master yang memainkan alat musik lainnya misalnya gitar, bass ataupun drum. Sebelum Sahabat Master melakukannya, Sahabat Master perlu untuk membuat kesepakatan tentang nada dasar dan scale yang akan dimainkan. Sebaiknya Sahabat Master memilih yang sudah Sahabat Master hafal scalenya saja untuk mempermudah. Nah setelah itu Sahabat Master bisa bermain dan berkreasi dengan teman Sahabat Master tersebut untuk menciptakan nada nada improvisasi. Dengan jamming ini bisa membantu Sahabat Master meningkatkan improvisasi permainan melodi gitar.


Pelajari dan kuasai 5 kunci sukses diatas maka Sahabat Master akan segera menjadi master dalam bermain gitar melodi. Selanjutnya, Sahabat Master dapat bermain sebagai gitaris lead pada band Sahabat Master. Selain mampu memainkan teknik teknik yang susah juga Sahabat Master bisa menciptakan sebuah melodi yang indah. Itulah, Kunci Sukses Belajar Melodi Gitar untuk Pemula. Selamat Berlatih!