Belajar Menguasai Kunci Gitar Dengan Tips Ampuh Part 3

Belajar Menguasai Kunci Gitar Dengan Tips Ampuh Part 3 - Pelajaran yang wajib untuk bermain gitar pemula adalah menguasai kunci gitar dasar. Kunci atau chord gitar merupakan susunan nada yang ditekan pada senar gitar sehingga menghasilkan bunyi yang harmonis seperti yang sudah kita bahas dalam artikel Belajar Gitar 7 Hari Langsung Bisa. Sedangkan kunci dasar merupakan kunci atau chord gitar yang wajib Sahabat Master kuasai sebelum bisa mengembangkan kunci kunci tersebut menjadi kunci yang lebih rumit, kita misalkan kunci A, B, C, D, E, F, dan G. Ke tujuh chord tersebut merupakan jenis jenis kunci dasar yang wajib dipelajari saat sedang belajar cara bermain gitar. Hal itu dikarenakan kunci kunci tersebut adalah terdapat dalam tangga nada standar yaitu do = C, oleh karena itu chord tersebut sangat banyak digunakan dalam permainan gitar. Dalam trik bermain gitar part 3 ini akan Mister bahas lagi cara bermain gitar lengkap, Sahabat Master juga bisa membaca artikel Kumpulan Cara Bermain Gitar Lengkap.

Belajar Menguasai Kunci Gitar Dengan Tips Ampuh Part 3

Belajar Kunci Gitar Mudah


 Belajar Kunci Gitar Mudah


Triknya yaitu dengan menghafal satu pola chord terlebih dahulu. Untuk pertama Sahabat Master dapat menghafal misalnya secara urut yaitu dari kunci A, ulangi secara terus menerus sampai Sahabat Master bisa dengan mudah menghafal kunci tersebut di luar kepala Sahabat Master. Selain itu Sahabat Master juga harus membuat jari Sahabat Master menekan senar gitar dengan sempurna. Dengan menekan sempurna maka  akan dihasilkan bunyi yang merdu dan tidak cempreng. Untuk bisa menguasai hal ini memang diperlukan proses yang tidak cepat, namun jika Sahabat Master belajar kunci gitar secara terus menerus Mister yakin pasti bisa dengan mudah menguasainya. Lakukan cara ini sambil Sahabat Master melakukan strumming atau genjreng pada senar sampai terdengar bunyi yang enak didengar. Setelah Sahabat Master lancar kunci A, maka selanjutnya bisa belajar kunci A minor, kemudian B dan seterusnya sampai Sahabat Master menguasai semua kunci gitar di atas. Untuk lengkapnya kunci dasar gitar dapat Sahabat Master baca di Gambar Kunci Dasar Gitar dan Penjelasan Spesial.

Selanjutnya coba memainkan progresi chord yang sederhana. Setelah Sahabat Master bisa menguasai semua kunci dasar gitar tersebut, maka sudah saatnya Sahabat Master mempraktekkan hasil belajar kunci gitar yang telah Sahabat Master lakukan. Cara pertama dengan memainkan sebuah progresi chord yang sederhana. Untuk yang belum tahu progresi, dalam permainan gitar ada sebuah progresi yaitu perputaran kunci gitar yang dimainkan misalnya A-F-C-G. Sahabat Master dapat memainkan progresi sederhana misalnya A-F-C-G kemudian Em-C-G-D dan sebagainya. Progresi tersebut cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan pemula yang sedang belajar cara bermain gitar. Cara kedua yaitu dengan memainkan lagu lagu yang mudah, untuk cara ini diperlukan perasaan karena Sahabat Master harus mengiringi sebuah lirik lagu.

Tabel Kunci gitar dasar

Belajar Kunci Gitar Dasar


Untuk belajar kunci dasar gitar Sahabat Master harus meningkatkan kemampuan atau kelenturan Sahabat Master dalam menekan sebuah senar gitar. Hal itu dikarenakan jika Sahabat Master sudah mampu dengan sempurna menekan senar, maka otomatis Sahabat Master sudah bisa mendengarkan bagaimana bunyi sebuah chord gitar. Hal itu lama kelamaan pasti akan membuat Sahabat Master semakin peka atau hafal dengan bunyi sebuah chord sehingga ketika Sahabat Master mengiringi sebuah lagu maka Sahabat Master akan dengan mudah menebak kunci yang digunakan dalam lagu tersebut. Setelah Sahabat Master hafal semua chord dasar gitar di luar kepala, maka akan sangat mudah untuk Sahabat Master memainkan sebuah lagu. Bahkan jika Sahabat Master sudah terbiasa dengan kolom atau fret gitar yang Sahabat Master pegang maka Sahabat Master tidak perlu lagi melihat ke tangan Sahabat Master ketika ingin berubah kunci.

Jika Sahabat Master belum memiliki sebuah gitar akustik dan berniat ingin membeli, sebaiknya Sahabat Master membaca referensi pada Daftar Harga Gitar Akustik Untuk Level Pemula Sampai Level Mahir supaya Sahabat Master tidak salah beli.

Diperlukan usaha dan kerja keras yang tidak sedikit agar Sahabat Master mampu memainkan kunci gitar dasar hingga akhirnya mahir bermain gitar. Sebaiknya Sahabat Master perlu bersabar dan tidak tergesa-gesa untuk dapat menguasai berbagai bentuk kunci gitar dasar karena semuanya perlu proses. Demikianlah, Belajar Menguasai Kunci Gitar Dengan Tips Ampuh Part 3. Selamat Berlatih!