Belajar Gitar Mudah dan Cepat Untuk Pemula Part 1

Belajar Gitar Mudah dan Cepat Untuk Pemula Part 1 - Tips dan trik bermain gitar untuk pemula memanglah dibutuhkan agar lebih cepat bisa menguasai alat musik gitar. Mister akan memberikan Sahabat Master sebuah cara mudah belajar bermain gitar untuk mempermudah Sahabat Master dalam mempelajari alat musik ini. Dengan Trik khusus yang akan Mister bagikan maka Sahabat Master akan lebih mudah dalam belajar gitar.

Belajar Gitar Mudah dan Cepat Untuk Pemula Part 1

Di dunia ini banyak sekali orang yang minat untuk bermain gitar hanya saja kadang orang tersebut berpikir bahwa cara bermain gitar itu susah sehingga mereka mengurungkan niatnya, namun hal itu tidak sepenuhnya gitar. Belajar gitar akan menjadi mudah dan menyenangkan dengan cara yang tepat. Berikut ini akan Mister berikan trik cara belajar gitar untuk pemula dengan cepat. Namun sebelumnya, Mister harap Sahabat Master sudah memahami dan mengetahui tentang Gambar Kunci Gitar Dasar yang Wajib Dikuasai Pemula karena akan digunakan dalam belajar gitar ini. Artikel ini adalah trik cara bermain gitar part 1, untuk artikel lainnya bisa Sahabat Master simak dalam Kumpulan Cara Belajar Gitar Lengkap.

Cara Mudah dan Cepat Belajar Bermain Gitar


Kuatkan Niat


Hal yang perlu Sahabat Master perhatikan dalam setiap apapun yang akan Sahabat Master lakukan adalah niat dari hati. Dengan niat dari hati maka cara cepat belajar gitar akan mudah Sahabat Master kuasai. Pastikan terlebih dahulu Sahabat Master memang ingin belajar gitar. Selanjutnya Sahabat Master juga harus fokus ketika berlatih serta berlatih secara konsisten. Dengan konsistensi ini maka kita akan lebih terlatih dan terbiasa sehingga tidak susah untuk membunyikan nada nada merdu dari gitar.

Pelajari Teknik Strumming


Belajar Teknik Strumming Gitar denga Mudah


Teknik strumming atau menggenjreng adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan saat belajar gitar untuk pemula. Untuk teknik ini Sahabat Master bisa menggunakan jari  kosong ataupun menggunakan pick gitar. Jika Sahabat Master ingin menggunakan jari  kosong maka Sahabat Master dapat berlatih strumming pada seluruh senar gitar. Lakukan strumming ke atas dan bawah sampai suara yang dihasilkan halus. Memang ini cukup susah untuk dilakukan jika Sahabat Master baru pertama memegang gitar, tangan harus lemas untuk bisa melakukan strumming dengan halus.

Selain dengan jari kosong, cara kedua yaitu menggunakan pick gitar. Cara cepat bermain gitar  ini mungkin lebih mudah untuk, Sahabat Master bisa memilih pick yang tebal ataupun tipis sesuai dengan keinginan Sahabat Master. Jika Sahabat Master ingin suara yang dihasilkan oleh gitar keras, maka Sahabat Master bisa menggunakan pick yang tebal dan sebaliknya jika Sahabat Master ingin suara gitar yang tidak terlalu keras maka gunakan pick yang tipis. Menggunakan pick dapat mempermudah Sahabat Master dalam melakukan strumming.

Melakukan Senam Jari Setiap Hari


Belajar Gitar Senam Jari


Jika memang ingin cepat belajar gitar untuk pemula maka cara ini sangat cocok bagi Sahabat Master, meskipun cara ini membutuhkan waktu dan kekuatan tangan Sahabat Master. Bagi yang sedang belajar gitar, teknik senam jari yang digunakan tidak sama ketika Sahabat Master belajar melodi gitar. Disini Sahabat Master perlu senam jari diluar fretboard gitar. Jadi Sahabat Master dapat senam dengan menggerak-gerakkan jari jari Sahabat Master. Lakukan itu setiap hari sebelum Sahabat Master mulai belajar menggunakan gitar, dengan cara itu maka jari Sahabat Master akan lebih lentur sehingga ketika dibutuhkan perindahan chord yang cepat Sahabat Master dapat dengan mudah melakukannya. Lakukan senam jari minimal 20 menit sebelum Sahabat Master belajar cara bermain gitar.

Sesuaikan Ketinggian Senar dari Fretboard


Cara sesuaikan senar dengan fretboard


Trik belajar gitar untuk pemula selanjutnya yaitu menyeting senar gitar Sahabat Master tinggi dari fretboard. Mungkin Sahabat Master akan bertanya, bukannya kalau senar nya ditinggikan jadi susah ya ? iya benar sekali, justru itulah hal yang membuat trik ini menjadi cara cepat belajar gitar. Hal itu dikarenakan jika senar tinggi dari fretboard maka Sahabat Master akan lebih berusaha dengan tenaga untuk menekan senar sehingga jari jari Sahabat Master semakin lama akan terbiasa menekan senar yang  keras. Jika sudah terbiasa maka pasti Sahabat Master akan lebih mudah jika menggunakan gitar yang jarak senar ke fretboardnya lebih rendah. Ini menjadi salah satu trik yang memang cukup efektif untuk belajar gitar. Namun jika cara ini cukup susah untuk dilakukan maka Sahabat Master tidak harus melakukannya.

Apabila Sahabat Master menggunakan gitar elektrik maka Sahabat Master bisa meninggikan senar dari fretboard dari bridge. Bila yang Sahabat Master gunakan adalah gitar akustik maka Sahabat Master bisa memodifikasi sadle bridge (penyangga senar) yang terletak di bagian bawah, caranya dengan meletakkan benda yang panjangnya sesuai dan lebih tinggi pada sadle bridge tersebut. Tidak usah khawatir, setelah Sahabat Master mahir bermain gitar maka Sahabat Master bisa melepasnya kembali.

Sahabat Master dapat melakukan beberapa cara cepat belajar gitar tersebut sehingga meskipun tanpa ada seorang guru pun Sahabat Master dapat menguasai cara gitar dengan cepat. Demikian Belajar Gitar Mudah dan Cepat Untuk Pemula Part 1, semoga bermanfaat bagi Sahabat Master sekalian terimakasih. Selamat Berlatih!