Belajar Gitar: Cara Menghafal Semua Chord Gitar

Belajar Gitar: Cara Menghafal Semua Chord Gitar - Belajar gitar untuk pemula, menguasai dan menghafal chord chord adalah hal yang membuat mereka dapat memainkan banyak lagu populer dan bahkan mampu menciptakan lagu sendiri. Dalam artikel ini kita akan belajar menghafal cord dengan metode sederhana untuk Sahabat Master gunakan menghafal banyak kunci gitar dalam waktu sesingkat mungkin khusus pemula yang sedang belajar cara bermain gitar. Sahabat Master juga bisa membaca artikel sebelumnya yaitu Harga Tuner Gitar Paling Murah dan Akurat.

cara menghafal chord gitar

Metode cara bermain gitar ini akan Mister bagi menjadi tiga bagian untuk membantu Sahabat Master mempelajari chord dalam tiga cara yang berbeda. Dengan memisahkan proses menjadi tiga bagian, maka kita benar-benar bisa fokus pada setiap bagian tersebut dan akan lebih mudah daripada untuk belajar semuanya sekaligus (membutuhkan waktu lebih lama dan lebih banyak usaha). Untuk bisa dengan mudah menguasai cara bermain gitar menghafal chord gitar ini, luangkan waktu 10 menit setiap hari untuk berlatih cara bermain gitar ini.

Cara Bermain Gitar :


LANGKAH 1: NAMA CHORD (selama 3 menit)


Tujuan dari langkah pertama cara bermain gitar ini adalah untuk membantu Sahabat Master menghafal nama-nama chord dan bentuknya. Sehingga jika sebuah lagu menggunakan chord misalnya Am, maka otak Sahabat Master akan dapat langsung mengingat nama-nama dan mencocokkannya dengan bentuk chord tersebut.

daftar nama chord gitar


Untuk langkah cara bermain gitar pertama ini dapat Sahabat Master lakukan dengan melihat sebuah chord (nama dan bentuknya) selama beberapa detik dan kemudian simpan dalam memori otak Sahabat Master. Setelah itu, Sahabat Master perlu fokus pada bagaimana bentuk chord tersebut. Lakukan cara tersebut pada chord lainnya selama 3-4 menit. Dengan cara bermain gitar ini, secara alami akan mempercepat otak Sahabat Master menghafal semua chord. Cara ini mungkin tidak perlu menggunakan sebuah gitar sehingga bisa Sahabat Master lakukan dimanapun Sahabat Master berada ketika Sahabat Master membawa sebuah diagram atau gambar chord.

LANGKAH 2: POSISI CHORD (selama 3 menit)


Tujuan dari langkah cara bermain gitar kedua ini adalah untuk membantu jari-jari Sahabat Master menghafal posisi chord pada fretboard. Jangan buru-buru ketika mencoba untuk berlatih semua chord. Pastikan semuanya dilakukan dengan sempurna sehingga hasilnya akan lebih maksimal.

posisi tangan saat memainkan chord gitar


Untuk cara bermain gitar yang kedua ini membutuhkan sebuah gitar nyata sehingga bisa Sahabat Master siapkan lebih dulu. Setelah Sahabat Master menyelesaikan langkah pertama maka Sahabat Master akan melakukan langkah ini, Sahabat Master perlu menempatkan jari jari Sahabat Master pada posisi chord yang tadi sudah Sahabat Master hafalkan pada langkah 1. Jika Sahabat Master masih susah dan banyak yang tidak ingat bentuk dan posisinya, jangan khawatir karena Sahabat Master bisa melanjutkan ke chord berikutnya. Jika Sahabat Master melatihnya setiap hari, secara otomatis Sahabat Master akan menghafalnya.

Memang jika Sahabat Master baru belajar cara bermain gitar, akan susah untuk melakukannya. Namun tidak masalah, karena ini adalah proses untuk membuat kemajuan tentang bermain gitar pada diri Sahabat Master. Langkah ini membutuhkan banyak waktu sehingga Sahabat Master harus bersabar dan tidak tergesa-gesa. Jika Sahabat Master terus giat berlatih rutin setiap hari, maka Sahabat Master akan dapat mencapainya dengan mudah.

LANGKAH 3: MENGUBAH POSISI CHORD (selama 4 menit)


Tujuan langkah cara bermain gitar yang terakhir ini adalah membantu Sahabat Master belajar untuk mengubah antar chord gitar. Harap dicatat bahwa langkah ini juga sedikit lebih sulit dibandingkan dengan dua langkah sebelumnya bagi orang-orang yang baru belajar bermain gitar.

belajar mengubah posisi chord gitar

Setelah menyelesaikan langkah cara bermain gitar 2, maka Sahabat Master bisa melanjutkan ke langkah 3 ini. Sahabat Master bisa mulai dengan urutan chord yang sudah Sahabat Master pelajari sebelumnya. Mungkin memulainya dari chord A, maka Sahabat Master bisa menempatkan jari Sahabat Master pada posisi chord A. Setelah itu, Sahabat Master bisa mulai memetik ataupun melakukan strumming (jika belum menguasainya silahkan baca Belajar Teknik Dasar Strumming Bermain Gitar) , kemudian ubah ke bentuk chord selanjutnya misalnya Am, dan seterusnya.

Sekali lagi, Jika Sahabat Master baru mulai belajar cara bermain gitar, mungkin langkah ini bisa Sahabat Master lewati terlebih dahulu dalam beberapa minggu pertama sampai Sahabat Master sudah bisa menekan senar dengan baik. Sahabat Master bisa berlatih langkah 1 dan langkah 2 terlebih dahulu. Kemudian Sahabat Master dapat melanjutkan Langkah 3 setelah Sahabat Master siap.

POIN PENTING UNTUK DIINGAT


Mungkin Sahabat Master merasa bahwa 10 menit tidak cukup waktu untuk berlatih metode cara bermain gitar ini dan Sahabat Master mungkin ingin menambah porsi waktunya. Namun, cobalah untuk tidak keinginan melakukan sesi latihan yang panjang dalam satu waktu. Dengan kata lain tidak berlatih metode cara bermain gitar ini selama lebih dari 15 menit dalam satu kali latihan. Ini bertujuan membuat Sahabat Master terdesak untuk mempelajari semua chord dalam 10 menit. Alternatifnya, jika Sahabat Master merasa kurang maka Sahabat Master bisa beristirahat terlebih dahulu misalnya 1 jam dan mengulangi latihan ini lagi selama 10 menit.

Hal itu sangat penting untuk membagi waktu latihan cara bermain gitar menjadi sesi yang sangat singkat, dari pada Sahabat Master menghabiskan banyak waktu sekaligus tetapi hanya dilakukan sekali atau sekali kali saja. Dengan melakukan latihan singkat tapi sering, ini akan memberikan kesempatan pada otak Sahabat Master untuk menyimpan apa yang baru saja dipelajari, menghafal chord, nama, bentuk dan posisi jari. Oleh karena itu, ubah pikiran Sahabat Master untuk berlatih gitar dalam waktu yang lama namun sekali saja. Lebih baik sebentar tapi sering. Demikianlah, Belajar Gitar: Cara Menghafal Semua Chord Gitar. Selamat Berlatih!