3 Tips Cara Menyetel Gitar Mudah, Cepat, dan Akurat

3 Tips Cara Menyetel Gitar Mudah, Cepat, dan Akurat - Melakukan penyetelan dan mengetahui cara menyetel gitar adalah sebuah hal yang pasti harus dilakukan bila Sahabat Master memiliki sebuah gitar. Hal itu dilakukan untuk membuat setiap senar dapat membunyikan bunyi standarnya misalnya yaitu E-A-D-G-B-E. Jika sudah ter stel sempurna maka ketika Sahabat Master memainkan gitar menggunakan chord dan akan terbentuk nada yang harmonis. Hal ini akan berbeda saat gitar Sahabat Master belum di stel maka kunci apapun yang Sahabat Master bentuk tidak akan menghasilkan nada yang harmonis dengan kata lain nada tersebut akan fals.

Cara Menyetel Gitar Mudah


Ada bayak cara menyetel gitar yang dapat Sahabat Master lakukan, cara cara tersebut juga tergolong tidak terlalu susah untuk Sahabat Master yang masih dalam tahap mempelajari cara bermain gitar. Bahkan sekarang ini teknologi sudah canggih sehingga apapun dapat dilakukan dengan mudah tak terkecuali untuk stem senar gitar ini. Ada yang menggunakan alat ataupun menyetel gitar secara manual yang dapat Sahabat Master lakukan sendiri di rumah.

Cara Menyetel Gitar


Menggunakan cara manual


Cara Menyetel Gitar Mudah


Cara ini yang paling banyak digunakan untuk menyetel gitar, memang tidak memerlukan biaya karena hanya menggunakan cara manual. Namun dibutuhkan kepekaan telinga Sahabat Master dalam melakukan penyetelan senar gitar menggunakan cara ini. Caranya yaitu dengan menentukan senar no 1, setelah itu Sahabat Master tekan senar no 2 pada fret ke 5 samakan dengan nada senar no 1 tadi. Kemudian tekan senar no 3 pada fret ke 4 samakan dengan nada senar no 2, perhatikan urutan berikut :

Senar 1 = Fret ke 5 senar 2
Senar 2 = Fret ke 4 senar 3
Senar 3 = Fret ke 5 senar 4
Senar 4 = Fret ke 5 senar 5
Senar 5 = Fret ke 5 senar 6

Samakan nada nada dari setiap fret dan senar tersebut sampai nadanya sama, dengan cara itu maka gitar Sahabat Master sudah ter stem. Namun kelemahan lain menyetel gitar dengan cara manual yaitu nada yang Sahabat Master tentukan tadi bukan nada stanar (E-A-D-G-B-E), melainkan nada tersebut tergantung dari seberapa Sahabat Master menyetel senar patokan dalam hal ini yaitu senar 1.

Menggunakan Tuner


Cara Menyetel Gitar Mudah


Cara ini lebih akurat daripada cara yang pertama yaitu menggunakan tuner. Tuner adalah sebuah alat yang dibuat khusus untuk memudahkan Sahabat Master sehingga tidak perlu susah susah mencari cara menyetel gitar. Cara kerja alat ini yaitu menangkap sebuah gelombang frekuensi yang diterima dari bunyi getaran senar gitar dan oleh tuner akan dicari nada dari gelombang tersebut. Ada dua jenis tuner yang dapat kita gunakan, yang pertama clip tuner, tuner jenis ini dapat kita jepitkan di headstock gitar dan dapat menangkap bunyi senar gitar dengan mudah. Jenis tuner kedua yaitu tuner pedal, jenis tuner gitar yang ini berbeda dari yang sebelumnya. Kita membutuhkan sebuah kabel yang menghubungkan gitar dengan alat ini sehingga gitar Sahabat Master harus terdapat pickup atau equalizer. Cara untuk menyetel gitar denga tuner sangatlah mudah, hanya perlu memetik senar misalnya senar no 1 maka akan muncul tampilan seperti penunjuk apakah sudah tepat atau belum nada yang dihasilkan. Sahabat Master harus menyetel senar no 1 sampai muncul tampilan nada E, untuk senar lainnya sebagai berikut :

Senar 1 = E
Senar 2 = B
Senar 3 = G
Senar 4 = D
Senar 5 = A
Senar 6 = E

Menggunakan aplikasi tuner smartphone


Cara Menyetel Gitar Mudah


Download aplikasi tuner di smartphone Sahabat Master, sangat banyak sekali di app store terdapat aplikasi untuk menyetel gitar. Cara kerjanya pun sama dengan clip tuner, yaitu Sahabat Master hanya perlu mendekatkan smartphone di gitar dan kemudian menyesuaikan nada senar gitar menggunakan patokan nada seperti di atas.

Silahkan lihat juga artikel Cara Cepat Belajar Gitar Untuk Pemula dan juga Cara Bermain Gitar Dalam Seminggu , yang akan pastinya akan sangat berguna sekali bagi Sahabat Master yang sedang belajar cara bermain gitar. Sahabat Master sudah tidak perlu repot lagi dalam menyetem gitar karena hanya menggunakan smartphone pun kini juga sudah bisa. Demikian 3 Tips Cara Menyetel Gitar Mudah, Cepat, dan Akurat. Selamat Mencoba!