Teknik Dasar Bermain Gitar yang Wajib di Kuasai

Teknik Dasar Bermain Gitar yang Wajib di Kuasai - Teknik-teknik bermain gitar sangat wajib dikuasai seorang yang bercita-cita menguasai bagaimana cara bermain gitar yang benar, tetapi mungkin sebagian orang akan kebingungan saat hendak belajar gitar karena tidak tahu harus mulai dari mana belajar gitar. Sahabat Master tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak tutorial bermain gitar untuk pemula yang bisa Sahabat Master manfaatkan sebagai panduan, salah satunya adalah blog Mister Master. Dalam mengawali proses belajar gitar, penting bagi Sahabat Master untuk mengetahui teknik bermain gitar supaya sukses dalam belajar gitar.

Teknik Dasar Bermain Gitar yang Wajib di Kuasai

Sebelum mempelajari teknik bermain gitar sebaiknya Sahabat Master memutuskan dulu tentang hal berikut ini. Yaitu apakah Sahabat Master menggunakan pick atau tidak. Pick gitar banyak digunakan pada gitaris yang menginginkan suara gitar lebih keras. Menggunakan jari adalah cara yang paling sering ditemui di antara pemain gitar, Menggunakan jari tanpa pick akan menghasilkan suara gitar yang lebih lembut dan akurasinya pun juga akan lebih tinggi. Terlepas dari hal tersebut, penggunaan pick atau tanpa pick menjadi masalah selera individu masing masing.

Teknik Bermain Gitar


 Teknik Bermain Gitar


Finger picking atau petikan adalah sebuah teknik bermain gitar dasar yang perlu dikuasai oleh seorang pemain gitar. Teknik ini yaitu di mana Sahabat Master menggunakan ibu jari dan minimal satu jari lain untuk memilih dan memetik senar gitar pada not tertentu yang sudah ditekan oleh jari tangan lain, dengan menggunakan kuku Sahabat Master, mungkin ujung jari atau bahkan pick gitar.

Seorang gitaris yang sudah terampil dan mahir dapat menggunakan lima jari di tangannya untuk memetik senar senar yang ada di gitar. Namun banyak juga gitaris yang memainkan teknik bermain gitar hanya menggunakan empat jari dan menyisakan jari kelingking mereka. Bahkan ada juga gitaris yang memodifikasi kuku mereka sedemikian hingga yang bertujuan untuk menghasilkan suara yang diinginkan dari petikan menggunakan kuku tersebut, namun hal ini tidak terlalu penting untuk seorang pemula. Karena cara itu bisa diatasi dengan mungkin menggunakan pick gitar.

pelajaran gitar dasar


Dalam melakukan teknik bermain gitar petikan ini, chord juga berpengaruh pada suara yang dihasilkan, oleh karena itu sebaiknya Sahabat Master sempurnakan dulu kunci gitar yang dapat Sahabat Master mainkan, silahkan Sahabat Master lihat di: Macam Macam Gambar Chord Gitar Lengkap Bagi Pemula. Teknik finger picking atau petikan ini dapat digunakan pada semua jenis gitar, baik itu gitar akustik, klasik maupun elektrik hanya suara yang dihasilkan akan berbeda.

Setiap kali Sahabat Master memetik senar gitar peletakan telapak tangan yang jarinya Sahabat Master gunakan untuk memetik juga berpengaruh pada kecepaan dan ketepatan Sahabat Master bermain teknik bermain gitar ini. Cara paling umum dan efektif adalah dengan meletakkan pergelangan pada bridge atau saddle atau cara kedua yaitu dengan menopang tangan menggunakan jari kelingking di bawah senar. Mister lebih suka menggunakan cara yang kedua, hal itu karena cara pertama bisa beresiko membuat senar Sahabat Master tersentuh pergelangan sehingga mengganggu suara yang dihasilkan. Namun ini menjadi selera dan mana yang Sahabat Master rasa lebih nyaman.

pelajaran gitar dasar


Ketika Sahabat Master mulai belajar memainkan petikan dengan sebuah kunci gitar, kontrol pada jari Sahabat Master akan menjadi hal yang paling penting dan dibutuhkan pada teknik bermain gitar finger picking ini. Sahabat Master perlu berlatih beberapa waktu untuk melemaskan otot otot pada jari Sahabat Master yang dapat mengontrol jari jari Sahabat Master dalam memetik senar, namun jika Sahabat Master rutin dalam melatih serta membiasakan jari jari Sahabat Master untuk bergerak leluasa dalam memetik senar, maka Sahabat Master akan jauh lebih cepat dalam menguasai teknik bermain gitar ini.  Jika Sahabat Master selalu merasa bosan ketika sedang belajar cara bermain gitar, maka artikel 5 Cara Belajar Gitar Untuk Pemula Supaya Lebih Mudah dan Menyenangkan cocok untuk Sahabat Master baca.

Belajar gitar bisa menjadi proses yang sangat berat dan sulit, tetapi bagi orang yang berusaha keras maka bisa jadi menyenangkan dan memuaskan saat bisa menguasainya. Hal yang paling menentukan dalam kesuksesan belajar gitar adalah ketekunan dan kesabaran. Sekian dulu, Teknik Dasar Bermain Gitar yang Wajib di Kuasai. Selamat Berlatih!