5 Cara Mudah Dan Menyenangkan Belajar Gitar Pemula

5 Cara Mudah Dan Menyenangkan Belajar Gitar Pemula - Cara belajar gitar bagi pemula memanglah berbeda karena setiap orang memiliki kemauan dan kemampuan yang berbeda. Terkadang orang yang sedang belajar gitar merasa bosan bahkan memutuskan berhenti karena menganggap belajar gitar itu sulit. Apakah Sahabat Master pernah merasakannya? Bila jawabannya ya, maka Sahabat Master bisa coba terapkan tips yang akan Mister bagikan kali ini, dengan tips ini proses belajar gitar Sahabat Master akan menjadi lebih menyenangkan, cepat dan lebih mudah.

5 Cara Mudah Dan Menyenangkan Belajar Gitar Pemula

Cara Belajar Gitar Untuk Pemula


Sahabat Master tidak harus menguasai semua chord


daftar chord gitar lengkap


Mungkin banyak orang yang menyarankan cara belajar gitar untuk pemula adalah dengan menghafal semua chord sekaligus. Ini adalah bukan hal yang benar, cara ter mudah untuk mengingat sesuatu adalah dengan menerapkannya, hal ini sama dengan saat Sahabat Master belajar cara bermain gitar yaitu dengan menerapkan penggunaan kunci kunci tersebut. Pilih lagu yang relatif mudah yang menggunakan kunci mudah. Untuk pemula yang baru bermain gitar sebaiknya pelajari saja chord yang mudah, jangan semua chord langsung dipelajari. Cara ini jauh lebih cepat, lebih menyenangkan, lebih bermanfaat dan lebih efisien untuk cara belajar gitar pemula.

Jangan merasa salah ketika Sahabat Master membuat kesalahan


Cara belajar gitar untuk pemula yang kedua ini cukup unik namun sangat bermanfaat untuk menjaga permainan gitar Sahabat Master. Ketika Sahabat Master mencoba untuk mulai bermain gitar di depan orang dengan memainkan sebuah lagu atau progresi chord, jika pada saat itu Sahabat Master melakukan sebuah kesalahan, maka abaikan saja hal tersebut. Hal itu karena jika Sahabat Master memikirkannya justru akan mengacaukan permainan gitar yang sedang Sahabat Master mainkan. Ini adalah salah satu trik cara cepat belajar gitar dengan cara Sahabat Master mengabaikan kesalahan dan terus bermain, pendengar juga belum tentu mengetahui jika Sahabat Master melakukan kesalahan.

Hindari senar nilon dan pick


senar gitar baja


Ketika Sahabat Master memulai cara belajar gitar untuk pemula dengan gitar yang menggunakan sebuah senar nilon, dan Sahabat Master juga melakukan strumming menggunakan pick, itu adalah hal yang salah. Gantilah senar nilon menggunakan senar string baja atau stainless, setelah itu letakkan pick gitar yang Sahabat Master gunakan dan sekarang hanya gunakanlah jari Sahabat Master untuk strumming dan memetik senar. Dengan cara itu maka jari jari Sahabat Master akan lebih terbiasa untuk bekerja keras, jika hal ini dilakukan setiap Sahabat Master bermain gitar maka akan membuat jari Sahabat Master semakin kuat. Namun untuk bermain gitar elektrik sebaiknya Sahabat Master tetap menggunakan pick gitar. Ini hanya cara belajar gitar untuk pemula khususnya yang menggunakan gitar akustik.

Pelajari teknik baru setelah menguasai sebuah teknik


Setelah Sahabat Master menguasai sebuah teknik misalnya teknik strumming pada pola pola tertentu, maka sudah saatnya Sahabat Master belajar untuk teknik teknik lain yang levelnya lebih tinggi dan tingkat kesulitannya pun juga lebih tinggi, misalnya teknik petikan atau fingerpicking. Dengan cara belajar gitar untuk pemula ini maka Sahabat Master tidak akan bosan dalam belajar cara bermain gitar karena Sahabat Master akan selalu belajar teknik teknik baru dan bisa Sahabat Master terapkan pada setiap permainan gitar Sahabat Master. Jika ingin belajar teknik finger picking silahkan lihat di: Belajar Petikan Kunci Dasar.

Pelajari juga teori untuk memperkaya pengetahuan


gambar notasi musik


Tips cara belajar gitar untuk pemula terakhir yang akan Mister bahas yaitu Sahabat Master perlu untuk mempelajari teori teori musik atau teori dalam permainan gitar untuk memperkaya pengetahuan serta juga bisa dapat membuat permainan gitar Sahabat Master lebih kaya, salah satunya yaitu belajar notasi. Membaca notasi musik sangat berguna, walaupun tidak semua gitaris bisa membaca notasi, namun notasi ini memiliki peran penting untuk meningkatkan permainan Sahabat Master. Hal tersebut dapat membantu Sahabat Master untuk mengetahui bagaimana sebuah chord gitar bisa terbentuk, kemudian belajar nada dasar dan lain lain.

Sahabat Master juga bisa membaca artikel sebelumnya tentang Harga Gitar Yamaha Akustik Dan Spesifikasinya Kelas Menengah. Beberapa tips belajar gitar pemula diatas sangat mudah untuk dilakukan, dan itu akan membuat Sahabat Master menjadi lebih senang dan tidak bosan dalam belajar cara bermain gitar. Lakukanlah tips tips di atas untuk Sahabat Master yang sedang belajar gitar atau khususnya pemula dalam bermain gitar. Itulah, 5 Cara Mudah Dan Menyenangkan Belajar Gitar Pemula. Selamat Berlatih!