Beragam Jenis Gitar dan Harganya

Beragam Jenis Gitar dan Harganya - Gitar memang sudah banyak mengalami perkembangan sejak awal diciptakannya dulu. Dari mulai yang klasik hingga yang paling canggih pun sudah ada. Semua itu tentunya tidak lepas dari fungsi utama sebuah gitar yang menghasilkan nada nada yang harmoni juga indah. Dari modelnya, bahan pembuatannya dan juga karakter suaranya pun juga sangat bervariasi. Oleh sebab itu, pemilihan jenis gitar yang sesuai dengan karakter musik Sahabat Master itu sangat penting supaya Sahabat Master lebih optimal dalam memainkannya.

Banyak sekali jenis gitar yang bisa kita jumpai di pasaran. Bahkan di indonesia pun juga banyak pembuat berbagai jenis gitar tersebut dengan kualitas yang tentunya tak kalah dengan produksi luar negeri. Untuk saat ini Mister membagi jenis jenis gitar menjadi 4 kelompok, yaitu gitar akustik, gitar elektrik, gitar akustik elektrik, gitar klasik.

Beragam Jenis Gitar dan Harganya

Jenis jenis gitar


Gitar akustik


 Gitar akustik


Kita mulai dari gitar yang sangat banyak sekali penggemarnya yaitu gitar akustik. Gitar ini disukai banyak orang karena memang harganya ada yang sangat murah serta sangat mahal pun juga ada sehingga dari semua kalangan bisa saja memiliki gitar ini. Terbuat dari bahan triplek dan kayu kemudian bentuknya yang memiliki sebuah tabung besar sehingga tanpa pengeras suara pun gitar ini mampu mengeluarkan suara yang keras.

Gitar ini juga sangat cocok untuk pemula maupun yang sudah mahir sekalipun. Dengan menggunakan gitar akustik dapat mengisi waktu luang untuk ngejam bersama teman teman Sahabat Master. Apalagi jika dilengkapi seperangkat alat musik akustik lainnya, pasti akan sangat mengasyikkan. Untuk harga gitar ini bervariasi, dari yang kualitasnya rendah harganya dibawah 500 ribu, sedangkan untuk yang kualitas tinggi bisa Sahabat Master dapatkan dengan harga 1,5 juta keatas. Lebih lengkapnya sudah Mister bahas disini Daftar Harga Gitar Akustik Level Pemula Sampai Level Mahir.

Gitar elektrik


 Gitar elektrik


Jenis jenis gitar selanjutnya yaitu gitar elektrik. Gitar ini terbuat dari bahan kayu solid sehingga memang cukup berat jika dibandingkan gitar akustik. Di dalam gitar elektrik terdapat berbagai macam sparepart dengan fungsi tertentu. Salah satunya yaitu pickup yang berfungsi untuk menangkap suara getaran dari senar. Dengan gitar elektrik maka kita bisa mendapatkan berbagai macam jenis suara menggunakan efek tertentu misalnya efek distorsi, overdrive, chorud dan lain sebagainya.

Untuk jenis gitar yang satu ini memang cocok untuk yang sudah mahir bermain gitar. Banyak sekali jenis gitar elektrik yang ada di pasaran dari berbagai produsen misalnya Gibson, Ibanez, fender, Schecter, dll. Harga gitar elektrik juga cukup mahal mengingat sparepart yang digunakan memang bermacam macam. Untuk gitar custom atau replika biasanya antara 1-2 juta, sedangkan untuk gitar yang original berkisar antara 3-10 juta.

Gitar Akustik Elektrik


 Gitar Akustik Elektrik


Nah untuk jenis gitar yang satu ini adalah pengembangan dari gitar akustik. Gitar ini sangat cocok bagi Sahabat Master yang ingin memiliki gitar elektrik namun tanpa kehilangan karakter khas gitar akustik. Kita bisa menghubungkan gitar ini dengan pengeras suara sehingga fungsinya sama dengan gitar elektrik, yang membedakan hanya alat yang digunakan untuk menangkap suara. Pada gitar ini yang digunakan untuk menangkap suara adalah sebuah piezo dan kemudian dihubungkan pada equalizer yang terpasang pada bodi gitar. Namun meskipun Sahabat Master tidak menggunakan pengeras suara, gitar ini tetap dapat berbunyi keras seperti gitar akustik pada umumnya, berbeda dengan gitar elektrik yang jika tanpa pengeras suara tidak dapat berbunyi keras. Harga untuk jenis gitar akustik elektrik ini rata rata yaitu di atas 1 juta.

Gitar klasik


 Gitar klasik


Yang terakhir ini menjadi salah satu jenis gitar yang memang masih banyak diminati walaupun gitar ini termasuk gitar yang sudah sangat jadul. Gitar klasik ini memiliki struktur yang sama persis dengan gitar akustik, yang membedakan hanya berada pada senar yang digunakan. Untuk gitar akustik senar yang digunakan yaitu senar baja atau stainless, sedangkan pada gitar klasik yang digunakan adalah senar nylon. Dengan senar itu maka akan menghasilkan suara yang lebih warm dan tidak terlalu treble. Harga gitar jenis ini cukup terjangkau yaitu antara 500 ribu sampai dibawah 2 juta rupiah.

Jangan lupa untuk membaca Trik Belajar Chord Dasar Gitar Cepat Langsung Bisa.

Semua jenis gitar yang sudah disebutkan diatas memiliki karakter suara yang berbeda-beda dan Sahabat Master bisa memilih salah satunya sesuai dengan selera Sahabat Master. Atau mungkin Sahabat Master berminat mengoleksi semuanya?. Demikian artikel Beragam Jenis Gitar dan Harganya. Semoga Bermanfaat!