4 Cara Untuk Menyetem Gitar Cepat Akurat

4 Cara Untuk Menyetem Gitar Cepat Akurat - Sebenarnya tidaklah sulit untuk menyetem gitar secara cepat dan akurat agar bisa menghasilkan bunyi yang indah. Mister akan berikan 4 cara stem gitar supaya gitar Sahabat Master memiliki bunyi yang harmonis dan tidak fals. Cara yang Mister bagikan kali ini juga sangatlah mudah untuk langsung dipraktekan pada gitar Sahabat Master masing-masing.

4 Cara Untuk Menyetem Gitar Cepat Akurat

Bermain gitar memang tak hanya sekedar menggenjrengnya saja, namun juga diperlukan penyeteman gitar yang akurat. Untuk yang tidak tahu, stem atau menyetem gitar adalah sebuah cara yang dilakukan dengan memutar bagian tuning di headstock untuk mendapatkan nada yang tepat pada senar gitar. Cara menyetem gitar memang banyak, namun untuk mendapatkan nada yang akurat dan dalam waktu yang cepat, maka Sahabat Master tidak bisa melakukannya secara manual kecuali jika Sahabat Master sudah sangat hafal akan bunyi frekuensi nada tertentu, seperti yang sudah Mister bahas mengenai 3 Cara Menyetel Gitar Dengan Cepat dan Tepat. Jadi membutuhkan alat, namun alat itu juga sangat mudah untuk Sahabat Master dapatkan.

Cara menyetem gitar


Aplikasi android pitchlab guitar tuner


 Aplikasi android pitchlab guitar tuner


Sahabat Master pasti sudah memiliki smartphone kan, manfaatkan smartphone Sahabat Master untuk menyetem gitar. Sahabat Master tidak perlu lagi mencari cara menyetem gitar karena hanya perlu menginstal aplikasi tersebut di android Sahabat Master. Dengan aplikasi ini maka Sahabat Master bisa melakukan tuning dengan cepat, bahkan juga mampu menerjemahkan chord yang Sahabat Master mainkan pada gitar.  Selain untuk gitar, bahkan Sahabat Master juga dapat melakukan tuning untuk alat musik lainnya yang menggunakan nada.

Menggunakan tuner jepit


 Menggunakan tuner jepit


Cara menyetem gitar selanjutnya menggunakan alat yaitu tuner jepit. Ini adalah alternatif bagi yang tidak memiliki smartphone. Sahabat Master dapat membeli tuner jepit di toko musik dengan harga yang sangat terjangkau yaitu berkisar antara 50 – 150 ribuan tergantung dari kualitas serta kemampuan tuner tersebut.

Menggunakan tuner jepit untuk stem gitar sangat mudah. Seperti namanya tuner jepit ini memiliki sebuah jepitan yang dapat Sahabat Master jepitkan pada bagian gitar misalnya bagian headstock. Pada alat ini terdapat sebuah layar, untuk yang bagus biasanya layar LCD warna. Di layar terdapat tampilan nada yang dihasilkan misal A, B, C dan seterusnya, kemudian juga terdapat seperti penunjuk atau indikator yang menunjukkan seberapa akurat senar yang Sahabat Master stem pada nada tertentu. Jika indicator berada di tengah maka nada tersebut sudah pas, namun jika terlalu kekiri atau kekanan maka Sahabat Master perlu memutar tuning pada gitar lagi supaya penunjuk berada di tengah.

Memakai equalizer pada gitar akustik


 Memakai equalizer pada gitar akustik


Equalizer adalah sebuah alat yang dapat dipasang pada gitar akustik, dengan alat tersebut tertanam pada gitar maka gitar tersebut dapat dihubungkan dengan pengeras suara atau amplifier. Pada equalizer yang bagus terdapat fitur tuning sehingga dengan melihat layar pada equalizer Sahabat Master dapat mengetahui nada pada senar tertentu. Itu adalah cara menyetem yang sangat mudah tentunya, namun untuk memasang equalizer ini diperlukan biaya yang cukup merogoh kocek, karena minimal harga equalizernya saja yang terdapat fitur tuning berharga lebih dari 400 ribu.

Untuk cara ini di rekomendasikan untuk gitaris akustik yang membutuhkan kecepatan serta keakuratan dalam stem gitar. Bahkan dipanggung pun Sahabat Master bisa juga menyetem gitar dengan mudah. Tak hanya untuk tuning, equalizer juga dapat mengatur bentuk suara yang dihasilkan gitar melalui pengeras suara.

Pedal tuner stompbox


 Pedal tuner stompbox


Ini adalah sebuah pedal stompbox, bagi para gitaris band pasti sudah mengenalnya karena mungkin alat ini sudah terpasang pada pedalboard. Satu lagi cara menyetem gitar yang sangat mudah. Dengan memasang pedal tuner maka Sahabat Master dapat menyetem gitar elektrik Sahabat Master dengan cepat, sama seperti equalizer bahkan di panggung Sahabat Master juga bisa melakukan penyeteman. Sahabat Master tinggal menginjak pedal dan akan muncul tampilan nada yang dihasilkan serta penunjuk keakuratan. Untuk memasangnya, kebanyakan yaitu dipasang pada awal urutan efek gitar. Biasanya dari gitar langsung menuju tuner ini dan baru ke efek lain misalnya distorsi, wah, dll.

Nah sekarang Sahabat Master sudah dapat memiliki gitar dengan nada yang sempurna karena distem menggunakan alat alat canggih tersebut, namun itu akan sia sia jika Sahabat Master tidak mampu memainkan kunci gantung dengan baik, oleh karena itu baca juga Cara Bermain Kunci Gantung Gitar Dalam 3 Hari, untuk yang ingin belajar gitar.

Untuk mendapatkan hasil maksimal memang dibutuhkan sedikit tambahan biaya. Tetapi bila Sahabat Master memiliki pendengaran yang sangat peka dan hafal nada nada tertentu, maka tanpa alat tersebut pun ada pasti bisa. Sekian tulisan Mister mengenai 4 Cara Untuk Menyetem Gitar Cepat Akurat. Semoga Bermanfaat.