Tips Cara Menguasai Chord Gitar Dasar Langsung Mahir Part 7

Tips Cara Menguasai Chord Gitar Dasar Langsung Mahir Part 7 - Belajar kunci dasar atau chord dasar merupakan hal wajib untuk Sahabat Master yang sedang belajar cara bermain gitar. Itu karena chrod dasar adalah kunci dasar yang paling sering digunakan dalam berbagai lagu dan juga jadi dasar atau patokan untuk chord lainnya. Bagi para pemula yang baru pertama kalinya memegang gitar mungkin akan sedikit kesulitan, tetapi bila sering berlatih maka chord dasar gitar akan segera dikuasai.

Tips yang Mister bagikan kali ini adalah bagian lanjutan dari artikel sebelumnya yang Mister kumpulkan dalam : Kumpulan Cara Bermain Gitar Lengkap, bagi Sahabat Master yang belum sempat membaca tips sebelumnya sebaiknya Sahabat Master pelajari dulu tips tips yang sudah Mister bagikan sebelumnya karena sebelum masuk tahap ini Sahabat Master harus menguasai trik sebelumnya. Bila sudah memahami caranya maka belajar chord gitar dasar bukanlah hal yang sulit, kunci gitar dasar ini terbilang mudah karena pola-polanya masih terbilang sederhana.

Tips Cara Menguasai Chord Gitar Dasar Langsung Mahir

Chord Dasar Gitar


Pada artikel lanjutan ini yang akan Mister bahas mendalam yaitu pada tempo, kelancaran serta kecepatan saat berpindah maupun memainkan chord dasar gitar. Sebelum masuk ke chord yang lebih susah, maka Sahabat Master harus sudah lancar saat menggunakan chord dasar. Dengan demikian maka proses Sahabat Master belajar chord gitar lainnya yang polanya lebih rumit juga akan lebih cepat. Untuk referensi bagi Sahabat Master yang belum hafal tentang chord dasar Sahabat Master dapat melihatnya pada Gambar Kunci Gitar Dasar yang Wajib Dikuasai Pemula.Setelah Sahabat Master menguasai chord dasar Sahabat Master bisa untuk belajar chord lain yang lebih rumit.

Belajar Chord Gitar


Pada trik sebelumnya, Sahabat Master sudah berlatih untuk memainkan progresi progresi chord sederhana walaupun temponya masih acak acakan, namun itu sudah dapat menjadi bekal untuk menggunakan trik yang akan Mister bahas. Mister anggap Sahabat Master sudah bisa memainkan beberapa progresi misalnya A-F-C-G yang tidak terlalu susah, dan Mister anggap Sahabat Master sudah lancar dalam perpindahan kuncinya misalnya dari A ke F , F ke C dan seterusnya. Jika belum, silahkan Sahabat Master pelajari lagi pada artikel Mister sebelumnya.

Yang akan kita latih yaitu tempo kita dalam bermain gitar. Untuk yang belum tahu apa itu tempo, bahasa mudahnya tempo itu adalah suatu kecepatan atau ketukan. Misalnya seperti ini, ketika Sahabat Master mendengarkan sebuah musik, itu pasti ada ketukannya hanya saja tidak ikut dibunyikan dalam musik tersebut. Untuk membuktikannya Sahabat Master sendiri bisa membuat ketukan ketika musik dinyalakan, misalnya dengan mengetok meja atau apa dengan kecepatan yang sama dan seirama dengan lagu. Nah itulah yang dinamakan tempo.

Metronome untuk belajar gitar


Jika Sahabat Master bermain gitar namun tanpa tempo, bisa dibayangkan musik yang dihasilkan pasti juga tidak karuan. Apalagi jika Sahabat Master mengiringi lagu, pasti orang yang menyanyi akan menjadi bingung karena Sahabat Master memainkan gitarnya tidak berdasarkan tempo yang tepat. Selain itu, tempo juga bisa kita gunakan untuk melatih kecepatan kita dalam memainkan progresi chord dasar  gitar. Kita membutuhkan sebuah alat bernama metronome, namun jika Sahabat Master tidak memiliki maka Sahabat Master dapat mendownload aplikasi metronome pada smartphone atau pada laptop. Metronome dapat menghasilkan ketukan ketukan yang kecepatannya dapat Sahabat Master sesuaikan. Nah kita akan menggunakan ketukannya saja untuk belajar chord gitar.

Tips Cara Menguasai Chord Gitar Dasar Langsung Mahir


Setting metronome supaya suara ketukan yang dihasilkan hanya satu suara saja, misalnya suara tik tik tik tik saja. Kemudian untuk awal, Sahabat Master dapat gunakan tempo misal 50 bpm yang dapat Sahabat Master atur pada metronome. Pada tempo tersebut mainkan progresi chord dasar gitar misal A-F-C-G. Setelah Sahabat Master lancar memainkannya pada tempo tersebut, kemudian untuk belajar chord gitar selanjutnya dapat Sahabat Master naikkan lagi temponya menjadi misalnya 60 bpm. Lakukan cara itu terus menerus sampai Sahabat Master berada pada tempo yang cukup cepat. Inti dari trik ini adalah Sahabat Master harus melakukannya secara perlahan, jika Sahabat Master tidak bisa yang cepat maka awali dari yang lambat nah seiring berjalannya waktu pasti kemampuan Sahabat Master bertambah sehingga Sahabat Master dapat mempercepat lagi tempo. Selain progresi di atas, Sahabat Master juga dapat memainkan lagu lagu yang chordnya sederhana.

Setelah Sahabat Master menguasai trik ini maka Sahabat Master juga dapat menggunakannya untuk jenis kunci yang lain. Sahabat Master dapat membaca Tips n Trik Belajar Gitar Otodidak untuk Pemula.

Ternyata belajar chrod gitar itu sangat mudah bukan, Sahabat Master hanya memerlukan aplikasi metronome yang terinstall di smartphone. Bahkan Sahabat Master pun tidak ada, Sahabat Master bisa meminta bantuan teman untuk membuat ketukan secara teratur. Tetapi cara itu sangat tidak praktis selain akan merepotkan teman Sahabat Master, ketukan yang dihasilkan pun kecepatannya tidak akan sama. Sampai disini dulu artikel Tips Cara Menguasai Chord Gitar Dasar Langsung Mahir. Selamat Berlatih!